Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris

Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris

Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris – “Inversion” adalah sebuah kalimat dimana kita meletakkan kata kerja bantu (auxiliary) sebelum subjek. Sebelum membahas tentang inversion secara mendalam, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan auxiliary. Auxiliary adalah kata kerja bantu yang dipakai untuk melengkapi sebuah kalimat. Umumnya auxiliary tidak memiliki makna, kecuali dalam kalimat tanya. Dalam bahasa Inggris, bentuk auxiliary sudah ditentukan berdasarkan predikat dari sebuah kalimat. Perhatikan table di bawah ini!


PREDICATE
AUXILIARY
Verb 1
Do / Does
Verb 2
Did
Tobe
Tobe
Modal
Modal
Have/Has + Verb 3 / Been
Have / Has
Had Verb 3 / Been
Had
Contoh:
I love you. Pada kalimat tersebut predikatnya adalah “love”. Love merupakan “Verb 1”. Maka Auxiliary nya adalah “Do”. Pemilihan “Do” buakan “Does” adalah karena subjek kalimat tersebut adalah “I”.
I will go to your house as soon as possible. Pada kalimat tersebut predikatnya adalah “will”. Will merupakan “Modal”. Maka Auxiliary nya adalah “Modal (will)” juga.
Nah, jika sudah memehami tentang auxiliary, maka kita akan lanjutkan bahasan kita tentang kalimat inversion. Dalam bahasa Inggris, kita dapat menggunakan kalimat inversion dalam beberapa situasi yang berbeda. Situasi-situasi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kita biasanya menggunakan pola kalimat inversion dalam membuat pertanyaan:

Dalam kebanyakan kalimat dalam bahasa Inggris, ketika kita ingin menggunakan kalimat inversion, kita hanya harus menempatkan auxiliary di sebelum subjek. Berikut pola kalimat inversion dalam kalimat tanya:
AUXILIARY + SUBJEK + KOMPLEMEN / VERB
Contoh:
Kalimat normal: You are happy.
(Subjeknya adalah 'You, sebelum predikat 'are'.)
Bentuk pertanyaan: Are you happy?
(Karena predikatnya tobe 'Are', maka auxiliarynya juga tobe. Maka auxiliary “Are” ditempatkan sebelum subjek 'you', mereka telah berpindah posisi. Inilah yang disebut kalimat inversion.)
2. Saat kita menggunakan adverb atau adverbial phrase negatif di awal kalimat.
Biasanya, kita menempatkan ungkapan di awal kalimat untuk menguatkan apa yang kita katakana karena ini akan membuat kalimat kita terdengar mengejutkan, mencolok, atau tidak biasa. Cara ini juga membuat kalimat kita terdengar cukup formal. Jika Anda ingin memberi kesan-kesan tersebut, maka Anda dapat membuatnya dengan pola kalimat inversion sebagai berikut:
NEGATIVE ADVERB + AUXILIARY + S + KOMPLEMEN / VERB
Contoh:
Kalimat Inversion:
Seldom have I seen such beautiful scenery. ('Seldom' diletakkan di awal kalimat, sehingga kalimat ini disebut kalimat inversion. Kalimat ini menegaskan “Betapa indahnya pemandangan yang dilihat oleh penulis.)
Kalimat Normal:
I have seldom seen such beautiful scenery. ('Seldom' diletakkan di posisi normalnya, sehingga kalimat ini disebut kalimat normal. Kalimat ini adalah kalimat yang normal tanpa penegasan apapun.)
Berikut ini adalah beberapa negative adverbs yang sering dipakai dalam inversion:
Hardly, Never, Seldom, Rarely, Only then, Not only, No sooner, Scarcely, Only later, Nowhere, Little, Only in this way, In no way, On no account
Inversion pada sebuah kalimat, dapat juga di letakkan setelah klausa adverb negatif.
Contoh:

Not until           
Not until I saw Jonah with my own eyes did I really believe he was ok.
Not since         
Not since Luna left college had she had such a wonderful opportunity.
Only after        
Only after I'd seen his flat did I understand why he wanted to live there.
Only when       
Only when we'd all arrived home did I feel calm.
Only by           
Only by working extremely hard could we afford to eat.
3. Kita dapat menggunakan inversion sebagai pengganti 'if' dalam conditional sentence
Bentuk ini adalah bentuk yang cukup formal:
Contoh:

Normal conditional
If I had come there, this problem would have finished.
Conditional with inversion
Had I come there, would have finished.

Lebih jauh lagi tentang If Clause bentuk inversion, Anda dapat baca pada artikel yang berjudul: Jenis, Pola, dan Contoh Inversion dalam Conditional Sentence

Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris
4. Kita dapat juga menggunakan inversion setelah "so + adjective...that"
Contoh:
So beautiful was the girl that nobody could talk of anything else. (Kalimat Normalnya: the girl was so beautiful that nobody could talk of anything else.)

So delicious was the food that we ate every last bite. (Kalimat Normalnya: the food was so delicious that we ate every last bite.)
Nah demikianlah bahasan kita kali ini tentang inversion sentence. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat englishiana.com semua dan dapat membantu menambah wawasan pembaca semua terutama yang sedang tekun belajar bahasa Inggris.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top