Pembahasan Soal Ujian Seleksi Masuk PKN STAN Bahasa Inggris dan Materinya (part2)

Pembahasan Soal Ujian Seleksi Masuk PKN STAN Bahasa Inggris dan Materinya (part2)

Pembahasan Soal Ujian Seleksi Masuk PKN STAN dan Materinya (part2) – Melanjutkan pembahasan sebelumnya, pada halaman ini, kita akan membahas lebih lanjut solusi soal-soal STAN yang muncul pada tes USM STAN terbaru th 2017 ini. Berikut ini pembahasannya.
Pembahasan Soal Ujian Seleksi Masuk PKN STAN Bahasa Inggris

Pembahasan Soal Ujian Seleksi Masuk PKN STAN dan TBI Materinya

125. Sarcophagus, …., was often decorated with biblical scenes in early Christian times.
A. it was coffin placed above ground
B. that was coffin placed above ground
C. a coffin placed above ground
D. which of coffin placed above ground
Pembahasan
Soal di atas adalah tentang “Relative Pronoun” Khususnya bare relative pronoun pada sub bahasan “Non defining relative pronoun”. Non defining relative pronoun digunakan untuk memberikan informasi tambahan pada kata benda tertentu. Informasi tambahan tersebut biasanya dipisahkan dari bagian kalimat yang lainnya dengan du tanda koma (,) dan biasanya tidak merusak kalimat jika informasi tersebut dihilangkan. Contoh: Geoge Washington, who was the first president of USA, was a wealthy colonist. Kalimat bergaris bawah pada contoh tersebut adalah contoh non defining relative pronoun. Jadi pada soal di atas, kalimat lengkapnya adalah:
Sarcophagus, which was a coffin placed above ground, was often decorated with biblical scenes in early Christian times. Non defining relative pronoun pada kalimat tersebut adalah which was a coffin placed above ground merupakan adjective clause. Untuk menyederhanakan kalimat, sebuah adjective clause bisa saja kita rubah menjadi adjective phrase dengan menghilangkan relative pronounnya. Jadi kalimat soal tersebut bisa kita sederhanakan menjadi: Sarcophagus, a coffin placed above ground, was often decorated with biblical scenes in early Christian times. Oleh karenanya, jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah opsi “C”
Untuk memahami lebih lanjut materi tentang RELATIVE PRONOUN, silahkan klik di sini.
126. That machine …. if you fixed it immediately.
A. would work
B. would be worked
C. would be working
D. Would have worked
Pembahasan
Soal di atas adalah tentang “Conditional Sentence” Khususnya conditional sentence type 2. Ini dapat kita ketahui dari kalimat soal yang pada klausa terikatnya menggunakan if + Simple Past.  Pola kalimat pada conditional sentence type 2 adalah (If + Simple Past, Past Future atau Past Future + If + Simple Past). Oleh karenanya, jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah opsi “A”
Untuk memahami lebih lanjut materi tentang CONDITIONAL SENTENCE, silahkan klik di sini.

127. As soon as the last passenger …. into ship, the gate will be closed.
A. will get
B. got
C. gets
D. have got
Pembahasan
Soal di atas adalah tentang “Conjunction” Khususnya as soon as conjunction. Kita menggunakan conjunction as soon as untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi segera, bersamaan dengan ketika tindakan lain selesai, atau tak lama setelah tindakan lain selesai'. Pola kalimat menggunakan as soon as conjunction dalam berbagai tenses adalah sbb:
A. present tense:  
present tenses, as soon as + simple present tense (atau) as soon as + simple present tense, present tenses.
B. past tenses:
past tenses, as soon as + simple past tense (atau) as soon as + simple past tense, past tenses.
C. future tenses:
future tenses, as soon as + simple present tense (atau) as soon as + simple present tense, future tenses,
Berdasarkan pola kalimat di atas, maka jawaban pada pertanyaan di atas adalah: As soon as the last passenger gets into ship, the gate will be closed. Oleh karenanya, jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah opsi “C”
Untuk memahami lebih lanjut materi tentang CONJUNCTION, silahkan klik di sini.
128. … Vonny always comes late to class annoys the teacher very much.
A. That
B. If
C. Whether
D. What
Pembahasan
Soal di atas adalah tentang “Noun Clause” Khususnya Noun Clause as A Subject of A Sentence. Noun clause adalah klausa terikat / dependent clause / klausa yang tidak dapat berdiri sendiri, yang berperan sebagai kata benda. Noun clause biasanya diawali dengan kata-kata penghubung subordinative seperti how, that, what, whatever, when, where, whether, which, whichever, who, whoever, whom, whomever, dan why. Pada konteks di atas, kata penghubung subordinative yang paling tepat adalah “that”. Oleh karenanya, jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah opsi “A”
Untuk memahami lebih lanjut materi tentang NOUN CLAUSE, silahkan klik di sini.
Halaman selanjutnya masih akan membahas lebih jauh tentang soal structure and written expression dalam USM PKN STAN tahun 2017 secara lengkap dan komprehensif. Ingin melihat pembahasannya? Klik halaman selanjutnya. Untuk melihat prediksi soal-soal STAN klik di sini.
1ç Sebelumnya Halaman Selanjutnya è 3



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top