Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimat dan Pembahasannya

Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimat dan Pembahasannya

Perbedaan Advice dan Suggestion dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimat dan Pembahasannya – sobat englishiana.com, dalam bahasa Inggris banyak sekali terdapat kata-kata yang sangat mirip bahkan dipakai saling bertukaran sehingga terkadang kita menganggap kata-kata tersebut tidak memiliki perbedaan. Seperti halnya perbedaan when dan whileperbedaan advice dan suggestionperbedaan some dan any perbedaan between dan among, perbedaan because dan due to dll. Nah pada posting kali ini kita akan membahas salah satu pembahasan yang juga popular terkait perbedaan antara dua kata yang identik dalam bahasa Inggris yaitu perbedaan antara Advice dan Suggestion.

Advice vs Suggestion

Perbedaan antara advice dan suggestion dalam bahasa Inggris sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dipahami jika kita dapat dengan jeli memperhatikan apakah sebenarnya makna dari masing-masing kata tersebut. Namun, karena kebanyakan dari kita tidak memperhatikan hal itu, advice dan suggestion menjadi dua kata dalam bahasa Inggris yang sering membingungkan karena arti mereka yang sangat mirip.
Namun tahukah anda bahwa pada kenyataannya ada perbedaan makna antara dua kata tersebut? Kita dapat memahami perbedaan ini jika kita dapat dengan jeli melihat konteks di mana seseorang memberikan advice atau suggestion. Suggestion adalah saran yang biasanya diberikan berdasarkan hasil dari mempertimbangkan hal-hal singkat dan dapat dilakukan dengan hanya berpikir sekilas saja seketika hal tersebut terjadi. Namun, advice dibuat dengan mempertimbangkan tidak hanya apa yang terjadi sekarang tetapi juga mempertimbangkan masa lalu dan masa yang akan datang. Seseorang juga tidak akan memberikan advice kepada orang lain secara terburu-buru.

Apakah yang dimaksud dengan Advice?

Advice berarti 'nasihat' seperti tercermin pada kalimat di bawah ini:
He gave an advice to his brother.
The advice that is given by my mom is always encouraging.
Pada kedua kalimat di atas, Advice berarti 'nasihat'. Dari ke dua contoh tersebut kita dapat ketahui bahwa Advice umumnya disampaikan oleh seseorang yang memiliki pengalaman dan pemahaman yang baik atau benar-banar memahami siapakah orang yang dinasihati. Orang yang memberikan nasihat juga telah mempertimbangkan semua fakta masa lalu, masa sekarang, dan apa yang akan atau tidak akan terjadi jika orang yang dinasihati mengikuti nasihat tersebut. Dengan kata lain, nasihat selalu diberikan berdasarkan pertimbangan yang panjang tentang apa yang terjadi di masa lau, masa sekarang, dan yang mungkin akan terjadi di masa depan dan kemungkinan besar nasihat diberikan oleh seseorang yang mengenal baik orang yang akan dinasihati. Anda tentu dapat memilih untuk mengikuti atau tidak nasihat yang diberikan kepada oleh sesorang. Namun, secara umum nasihat itu diberikan untuk diikuti.
Selanjutnya, Advice digunakan sebagai kata benda. Lihatlah contoh berikut ini.
He received a piece of advice from his teacher.
Seperti yang dapat kita lihat, Advice digunakan sebagai kata benda dalam kalimat di atas.
Sangat menarik untuk dicatat bahwa Advice (noun), memiliki kata kerja berbentuk Advise (verb). Keduanya adalah homofon, terdengar sama namun ejaannya berbeda.

Perbedaan Advice dan Suggestion

Apakah yang dimaksud dengan Suggestion?

Suggestion (noun) berarti 'saran', sementara Suggest (verb) berarti 'menyarankan' seperti pada kalimat di bawah ini.
He suggested that it could be done in this way.
She gave a suggestion for the easy functioning of the club.
Pada kedua kalimat, kita dapat melihat bahwa Suggest digunakan dalam arti 'memberi ide / menyarankan'. Pada kalimat pertama, kita dapat melihat bahwa Suggested berarti ‘menyarankan’ atau ‘memberi ide’. Pada kalimat kedua, kita dapat ketahui bahwa She (dia) memberikan suggestion (saran). Dengan kata lain, Suggestion adalah saran yang diberikan berdasarkan keadaan yang sedang terjadi sekarang / yang seketika itu muncul difikiran pemberi saran setelah ia melihat sebuah kejadian apada saat itu.
Sangat menarik untuk dicatat bahwa Suggestion memiliki bentuk kata kerja “Suggest”. Karena Suggestion hanyalah sebuah saran atau ide yang seseorang memiliki tentang sesuatu, tidak ada yang mengharuskan Anda untuk mengikuti setiap Suggestion yang datang ke pada Anda. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikutinya jika Anda cocok dengan saran tersebut begitupula sebaliknya.

What is the difference between Advice and Suggestion?

1. Advice digunakan dalam makna ‘nasihat’. Sementara Suggestion digunakan dalam arti' memberi ide / masukan spontan.
2. Anda memberikan Advice atau nasihat umumnya berdasarkan pengalaman Anda dan mempertimbangkan situasi lalu, sekarang dan masa mendatang. Andapun sebaiknya sudah benar-benar memahami secara mendalam tentang orang yang Anda nasihati. Namun, Anda dapat memberikan Suggestion / saran secara serta merta dengan hanya melihat apa yang terjadi di depan mata dengan tujuan memberi saran agar mereka tahu apa yang Anda fikirkan. Ini dapat didasarkan pada pengalaman Anda ataupun tidak.
3. Ketika seseorang mememberikan Suggestion / saran terhadap orang lain, pihak lain ini memiliki kebebasan untuk mengikutinya ataupun tidak. Hal ini karena Suggestion / saran hanyalah sebuah ide / masukan. Namun, ketika seseorang memberikan Advice / nasihat kepada orang lain, umumnya pihak penerima diharapkan untuk mengikuti nasihat tersebut karena umumnya orang yang memberi nasihat adalah orang dekat yang benar-benar mengetahui apa yang dilakukan dan siapa orang yang dinasihati dengan cukup baik. Tentu Anda tetap dapat memilih untuk tidak mengikuti meski ini tidak sebebas Suggestion yang hanya kita interpretasikan sebagai sebuah saran. Untuk melihat penggunaan Advice dan Suggestion dalm dialog, silahkan kunjungi link berikut: Dialog Bahasa Inggris tentang Asking for and Giving Advice, dan Dialog Bahasa Inggris tentang Advice and Suggestion
Demikianlah kajian kita tentang perbedaan antara dua kata benda yaitu Suggestion / saran dan Advice / nasihat dalam bahasa Inggris. Tentu ini tidak begitu menjadi soal ketika kita pakai dalam oral communication yang informal, namun ini akan sedikit bermasalah ketika kita pakai dalam konteks yang resmi atau ketika kita sedang mempertimbangkan pemilihan penggunaan modal yang berkaitan dengan Suggestion atau Advice. Semoga setelah pembahasan ini, kita semua menjadi semakin paham tentang perbedaan antara Suggestion atau Advice yang memang cukup pelik ini. Untuk melihat pembahasan berbagai hal yang berkaitan dengan grammar, silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top