Jenis dan Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terbaru

Jenis dan Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terbaru

Jenisdan Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terbaru – Sobat englishiana.com, surat resmi / formal merupakan salah satu jenis alat komunikasi resmi tertulis dalam bahasa Inggris. Surat dalam bahasa Inggris juga menjadi faktor yang sangat penting dalam kaitannya dengan komunikasi internasional. Oleh karenanya, jika pada bahasan sebelumnya kita sudah sajikan dan diskusikan bersama tentang contohresume bahasa Inggris,  contoh cv bahasa Inggris, contoh memo bahasa Inggris, contoh surat formal /non formal dalam bahasa Inggris, dan contoh  email bahasa Inggris maka pada pembahasan kali ini saya akan secara khusus membahas tentang Jenis – Jenis surat resmi / formal dalam bahasa Inggris.

Type of Formal Letters / Jenis Surat-Surat Formal Bahasa Inggris

Pada dasarnya, semua surat formal dalam bahasa Inggris memiliki gaya tata letak yang sama, salam penutup dan penutup yang juga sama. Namun, informasi yang Anda masukkan dalam surat-surat formal tentulah berbeda. Untuk itu, berikut ini englishiana.com mengkaji lebih dekat tentang jenis surat-surat resmi dalam bahasa Inggris.

Order Letters / Inquiry letters / Surat tentang Sebuah Permintaan / Pesanan

Surat Pesanan ini biasanya dikirim oleh konsumen atau pebisnis ke pada produsen, pengecer atau grosir untuk memesan barang atau jasa. Surat-surat ini berisi informasi tertentu seperti nomor model, nama produk, jumlah yang diinginkan dan harga yang diharapkan beserta daftar harganya. Pembayaran juga kadang-kadang disertakan beserta surat ini.
Lihat contoh suratnya di sini

Sales Letters / Surat Penjualan

surat penjualan digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan tertentu. Sebuah surat penjualan harus jelas menyatakan keuntungan menggunakan produk tertentu karena dengan surat ini Anda mencoba untuk mempromosikan ke pada orang lain tentang produk tersebut. Idealnya, sebuah surat penjualan harus menyoroti sebuah masalah yang penting dan kemudian menjelaskan bagaimana masalah yang tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan produk Anda. Semua surat penjualan harus menyertakan kontak yang dapat dihubungi untuk diskusi lebih lanjut.
Lihat contoh suratnya di sini

Jenis dan Contoh Surat Resmi dalam Bahasa Inggris

Acceptance letter / Surat Penerimaan

Sebuah Surat Penerimaan adalah salah satu surat yang ditulis ketika Anda ingin menerima pekerjaan, hadiah, undangan, suatu kehormatan, pengunduran diri  dari seorang karyawan dll. Mungkin secara verbal Anda telah menerima pekerjaan, hadiah, sebuah undangan, surat pengunduran diri dll. Akan tetapi, tetaplah merupakan hal yang terkesan cerdas untuk kemudian menerima secara resmi tawaran tertentu dengan menggunakan  surat penerimaan. Bagaimana menulis surat penerimaan?
Lihat contoh suratnya di sini

Replying to an Inquiry / Menaggapi Permintaan / Pesanan

Ini adalah jenis surat formal yang mungkin sangat sering harus Anda tulis dalam keadaan tertentu. Pelanggan yang telah membuat surat permintaan (Inquiry Letter) tentang detail sebuah barang atau jasa yang kemungkinan besar akan dibeli. Ketika Anda membalas permintaan semacam ini, Anda harus benar-benar menyediakan informasi sebanyak mungkin tentang barang / jasa yang Anda akan jual. Balasan Anda juga harus meminta klien untuk menentukan tindakan manakah yang diinginkan: Ia bisa saja berlangganan layanan yang Anda berikan atau membeli produk yang Anda tawarkan.
Lihat contoh suratnya di sini

Claim Letter / Surat Klaim

Kita tidak akan selalu puas dengan kualitas produk atau jasa yang kita beli. Dalam hal ini, kita perlu melakukan klaim terhadap pelayanan / produk yang mungkin tidak dipandang memuaskan. Sebuah surat klaim harus jelas mennunjukkan ketidakpuasan Anda. Surat ini juga harus menyatakan tindakan apa yang Anda harapkan dilakukan oleh penyedia layanan.
Lihat contoh suratnya di sini

Adjusting a Claim / Menyesuaikan Klaim

Perusahaan Anda dapat menawarkan produk dan layanan terbaik. Meskipun demikian, dari waktu ke waktu Anda mungkin diminta untuk menyesuaikan klaim. Jenis huruf harus mengatasi masalah spesifik pelanggan yang tidak puas.
Surat penyesuaian biasanya dikirim dalam menanggapi klaim atau keluhan. Jika penyesuaian tersebut mendukung pelanggan, mulai surat dengan berita itu. Jika tidak, menjaga nada faktual dan biarkan pelanggan tahu bahwa Anda memahami keluhan.
Lihat contoh suratnya di sini


Apology letters / surat permintaan maaf

surat permintaan maaf bisnis harus diketik pada komputer. Menggunakan font serif, seperti Times Roman. Setelah Anda selesai mengetik surat itu, cetaklah denga kualitas kertas putih yang baik.
Lihat contoh suratnya di sini

Cover Letters / Surat Lamaran Pekerjaan dalam bahasa Inggris

Sebuah surat lamaran adalah salah satu yang dikirimkan bersama dengan CV Anda, ketika Anda melamar pekerjaan. Tujuan dari surat lamaran adalah untuk mendapatkan respon positif dari calon atasan Anda dengan menyoroti poin-point plus dalam daftar riwayat hidup Anda.
Lihat contoh suratnya di sini

Letters of Resignation / Surat Pengunduran Diri

Ketika seorang karyawan berencana untuk meninggalkan pekerjaannya, surat pengunduran diri biasanya dikirim ke manajer secara langsung dan memberikan informasi tentang kapan hari terakhir kerja. Dalam banyak kasus, karyawan juga akan memperjelas alasannya untuk meninggalkan perusahaan.
Lihat contoh suratnya di sini

Letters of Recommendation / Surat Rekomendasi

Calon majikan sering meminta pelamar kerja untuk melampirkan surat rekomendasi sebelum mereka mempekerjakan pelamar tersebut. Dalam konteks lain, surat rekomendasi juga biasa digunakan sebagai salah satu surat yang wajib dimiliki jika seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Surat rekomendasi ini bisa saja diberikan oleh majikan sebelumnya, profesor / guru, atau orang-orang berkompeten lainnya. Surat ini biasanya menggambarkan hubungan professional yang baik antara pengirim dengan si pencari kerja.
Lihat contoh suratnya di sini
Lihat Juga:
18 Contoh surat informal / tidak resmi / personal dalam bahasa Inggris dan artinya

Nah semoga apa yang kita telah bahas pada posting ini yaitu tentang jenis – jenis surat resmi / formal dalam bahasa Inggris dapat bermanfaat untuk memperluas wawasan kita tentang bahasa Inggris pada umumnya, dan menambah kemampuan kita dalam menulis surat formal dalam bahasa Inggris khususnya. Semoga bermanfaat! Bagi sobat englishiana yang ingin melihat lebih banyak contoh Functional Text lainnya, silahkan klik di sini. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top