Format Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar dan Tepat (British dan American)

Format Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar dan Tepat (British dan American)

Format Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar dan Tepat (British dan American) – Sobat englishiana.com, mengingat nama nama hari bahasa Inggris melalui lagu nampaknya menjadi bagian dari masa kecil kita semua. Dengan begitu, mem- bahasa Inggris kan nama hari menjadi hal yang mudah dan menyenangkan. Meski nama hari Inggris dan Indonesia sangat berbeda jauh, namun dalam hal penulisan tanggalnya ada yang formatnya hampir sama. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa format penulisan tanggal yang tepat dan ini harus kita ketahui. Nah, untuk memperjelas lagi pemahaman kita semua tentang nama - nama hari dalam bahasa Inggris dan juga format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, simak pembahasan berikut ini!

Format Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Pembahasan kita kali ini saya awali dengan diskusi tentang nama hari dalam bahasa Inggris. Nama hari bahasa Inggris berjumlah sama dengan nama hari dalam bahasa Indonesia. Hari bahasa Inggris, dalam lagu, diaawali dari Sunday (Minggu). Inilah yang nampak membuat berbeda ketika kita menyanyikan nama hari dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika bahasa Inggris nama hari, dalam hal ini yang terdapat pada lagu anak-anak, selalu diawali dengan Sunday (Minggu), dalam bahasa Indonesia lagu dengan nada yang sama diawali dari hari (Senin). Mungkin hal tersebut tidak terlalu penting untuk kita bahas di sini, karena hal yang terpenting adalah kita mengingat dan mampu mem- bahasa Inggris kan hari dengan benar. Berikut daftar nama-nama hari dalam bahasa Inggris:
SUNDAY /ˈsʌndi//ˈsʌndeɪ/ = Minggu
MONDAY /ˈmʌndi//ˈmʌndeɪ/ = Senin
TUESDAY /ˈtjuːzdeɪ//ˈtjuːzdi/ = Selasa
WEDNESDAY /ˈwɛnzdeɪ//ˈwɛnzdi/ = Rabu
THURSDAY /ˈθəːzdeɪ//ˈθəːzdi/ = Kamis
FRIDAY /ˈfrʌɪdi//ˈfrʌɪdeɪ/ = Jumat
SATURDAY /ˈsatədeɪ// ˈsatədi/ = Sabtu

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa cara yang berbeda untuk menulis tanggal dalam bahasa Inggris. Hal ini bervariasi mulai dari bentuk formal sampai bentuk informal dan perbedaan antarabahasa Inggris British dan Amerika. Tabel berikut menunjukkan beberapa format khas yang lazim dipakai dalam bahasa Inggris.

No
British: day-month-year
American: month-day-year
1
the Eighth of November, 2016
November the Eighth, 2016
2
8th November 2016
November 8th, 2016
3
8 November 2016
November 8, 2016
4
8/11/2016
11/8/2016
5
8/11/16
11/8/16
6
08/11/16
11/08/16

No
year-month-day
year-month-day
7
2016/05/14
2016/05/14
Catatan: format mana yang digunakan adalah tergantung pada kebutuhan formalitas, kesopanan dan pilihan pribadi. Secara umum, format yang lebih panjang, seperti 2 atau 3, lebih sopan (karena mereka lebih menghormati pembaca). format yang lebih pendek, seperti 4 atau 5, digunakan dalam situasi yang kurang formal, misalnya memo, surat antara teman-teman atau surat bisnis impersonal. Format 6 agak resmi dan biasanya terlihat pada faktur atau dokumen resmi atau teknis. Format 1 sangat formal dan terutama digunakan pada dokumen-dokumen cetak, misalnya undangan pernikahan. Format numerik dapat menggunakan tanda titik (.) atau tanda hubung (-) tidak hanya slash (/), misalnya (.): 2016/03/14 atau 03-14-16
Perhatikan bahwa format lain juga tertulis Tahun-Bulan-Hari (Liat format 7), misalnya: 2016/05/14. Ini jarang terjadi dalam bahasa Inggris British atau Amerika dan digunakan terutama dalam dokumen sangat resmi atau teknis.
MONTHS
NO
NAME
ABBREVIATIONS
1
January
Jan
J
2
February
Feb
F
3
March
Mar
M
4
April
Apr
A
5
May
May
M
6
June
Jun
J
7
July
Jul
J
8
August
Aug
A
9
September
Sep
S
10
October
Oct
O
11
November
Nov
N
12
December
Dec
D
Di dalam bahasa Inggris, Bulan dituliskan dengan benar jika diawali dengan huruf capital: January, February, March dll.
days of the month
1st
first
2nd
second
3rd
third
4th
fourth
5th
fifth
6th
sixth
7th
seventh
8th
eighth
9th
ninth
10th
tenth
11th
eleventh
12th
twelfth
13th
thirteenth
14th
fourteenth
15th
fifteenth
16th
sixteenth
17th
seventeenth
18th
eighteenth
19th
nineteenth
20th
twentieth
21st
twenty-first
22nd
twenty-second
23rd
twenty-third
24th
twenty-fourth
25th
twenty-fifth
26th
twenty-sixth
27th
twenty-seventh
28th
twenty-eighth
29th
twenty-ninth
30th
thirtieth
31st
thirty-first

Nah demikianlah sobat englishiana.com ulasan kita tentang format cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang benar dan tepat (British dan American). Semoga setelah adanya bahasan ini, sobat semua dapat menguasai dan mengaplikasikan format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris tersebut dengan tepat dan sesuai fungsinya. Untuk melihat diskusi-diskusi materi bahasa Inggris ringan yang lainnya, silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top