Cara Menulis Surat Informal dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Terjemahannya

Cara Menulis Surat Informal dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Terjemahannya

Cara Menulis Surat Informal dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Terjemahannya – Sobat englishiana.com, untuk melengkapi pembahasan kita tentang surat bahasa Inggris, yang sebelumnya telah didahului dengan diskusi tentang cara membuat surat formal / resmi bahasa Inggris dan  contoh surat resmi dalam bahasa Inggris, maka pada posting kali ini giliran cara membuat dan contoh surat informal bahasa Inggris yang akan kita kuliti. Berbeda halnya dengan surat formal dalam bahasa Inggris yang penuh kekauan aturan, surat informal bahasa Inggris cenderung lentur secara aturan dan lebih komunikatif serta akrab. Nah, sebelum lebih dalam mempelajari tentang contoh personal letter, ada baiknya terlebih dahulu kita kuasai cara bagaiman membuat surat Tak resmi dala bahasa Inggris sebagai berikut.


Cara Menulis Surat Informal dalam Bahasa Inggris

Langkah-langkah Menulis Sebuah Surat Informal dalam Bahasa Inggris

1. Putuskanlah seberapa resmi surat Anda perlukan.
Bagaimana Anda menulis sebuah surat akan sangat tergantung pada hubungan Anda dengan penerima. Pertimbangkan panduan ini:
Jika Anda sedang menulis surat ke pada saudara jauh atau yang lebih tua, atau kenalan sosial, tulislah surat semi formal. Jika orang itu telah mengirimkan email sebelumnya, Anda dapat mengirim email balasan ke pada mereka. Jika tidak, sebuah surat tulisan tangan adalah pilihan yang lebih aman.
Jika Anda sedang menulis surat untuk teman atau anggota keluarga dekat, email atau surat tulisan tangan keduanya dapat dipakai.
2. Mulailah dengan salam pembuka.
Salam pembuka yang Anda gunakan akan tergantung pada hubungan Anda dengan si penerima surat, serta kadar keresmian surat itu. Berikut adalah beberapa kemungkinan yang harus Anda pertimbangkan:
Jika Anda sedang menulis surat semiformal, Anda dapat menggunakan Dear or Hello,sebagai salam pembuka. Gunakanlah nama pertama jika itu merupakan kebiasan sebagaimana Anda berbicara satu sama lain, atau tulislah sapaan diri seperti (Mr atau Ms).
Jika Anda ingin menulis surat  surat , Anda dapat menggunakan Dear or Hello,serta salam pembuka yang lebih informal seperti "Hi" atau "Hei." Mengikutinya dengan nama pertama.


3. Mulailah surat itu.
Pindahlah ke baris berikutnya dan kemudian mulailah menulis. Jika Anda sedang menulis surat pribadi, mulailah dengan bertanya-tanya apakah penerima sedang dalam kondisi baik-baik saja. Ini dapat berbentuk formal seperti "I hope you are well" atau bentuk informal seperti," "How's it going?" Bayangkanlah saja penerima ada di depan Anda; bagaimana Anda akan berbicara dengan mereka?
4. Tulislah apa yang perlu dikomunikasikan.
Tujuan utama dari surat adalah komunikasi. Biarkan orang lain tahu apa yang terjadi dalam hidup Anda, termasuk rinciannya. Misalnya, jangan hanya memberitahu nenekmu "Thank you for the gift" - tunjukkan padanya bahwa itu sangat berarti untuk Anda, semisal: "My friends and I spent all night playing the game you sent me. Thank you!"Apapun subjeknya, berbagi informasi harus menjadi fokus dari surat ini.
Ketahuilah apa yang tidak harus ditulis. Sebuah surat yang ditulis dalam kemarahan atau meminta kasihan mungkin bukan jenis surat yang harus Anda kirim. Jika Anda sudah menulis surat semacam itu dan Anda tidak yakin untuk mengirimnya, biarkan selama beberapa hari terlebihdahulu sebelum Anda masukkan ke dalam kotak surat - Anda mungkin akan berubah pikiran.
5. Akhiri surat.
Untuk surat-surat resmi, penutup Anda harus mencerminkan hubungan Anda dengan penerima. Jika Anda sedang menulis untuk pasangan, teman baik, atau anggota keluarga dekat, Anda bisa menggunakan "Affectionately," "Fondly" or "Love." / "sayang," "Salam sayang" atau "Cinta." Untuk surat semiformal, Anda mungkin dapat melakukannya dengan lebih baik dengan mengucapkan "Sincerely," "Regards," or "Best." / "Hormat," "Salam," atau "Best."
Sebuah penutup bergaya sangat kuno biasanya diikutkan pada kalimat terakhir. Ini awalnya gaya yang formal, tetapi Anda kini bisa bersenang-senang dengan salam penutup itu ketika menulis surat yang ringan ke teman. Misalnya, paragraf terakhir dari surat Anda berisi "I remain, as ever, your devoted servant," / "Saya tetap, seperti biasa, hamba setia Anda," dan kemudian nama Anda.
Jika Anda ingin menambahkan sesuatu setelah surat ini ditulis, gunakanlah P.S, yang berarti Post Script ( "setelah menulis").
6. Kirim surat itu.
Masukkan surat dalam amplop. Cap amplop tersebut, alamatkan surat tersebut ke orang lain, dansurat akan segera dalam perjalanan.

Lihat Juga:

18 Contoh surat informal / tidak resmi / personal dalam bahasa Inggris dan artinya
Nah, demikian tadi pembahasan kita tentang surat informal / personal letter. Pada posting selanjutnya kita akan fokus mendalami contoh surat pribadi bahasa inggris untuk keluarga, contoh surat pribadi bahasa inggris tentang ulang tahun, contoh surat untuk teman dalam bahasa inggris beserta artinya yang pendek, contoh surat pendek dalam bahasa inggris dan artinya, dan contoh surat undangan ulang tahun dalam bahasa inggris beserta artinya. Semoga kita diberi kesempatan oleh Tuhan untuk kembali berdikusi bersama lain waktu. Untuk melihat berbagai contoh functional text lainnya, silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top