5 Tips Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris Yang Baik Beserta Contohnya

5 Tips Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris Yang Baik Beserta Contohnya

5 Tips Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris YangBaik Beserta Contohnya – Sobat englishiana.com, Emai atau E-mail adalah kependekan dari Electronic Mail yang jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maknanya adalah Surat Elektronik. Email umumnya berfungsi sebagai sarana mengirim surat, foto, atau file-file yang lainnya melalui jaringan Intenet. Di dunia global, Email berbahasa Inggris menjadi salah satu elemen penunjang komunikasi yang sangat efektif. Nah, Jika pada posting sebelumnya englishiana.com telah menyajikan 10 contoh email bahasa Inggris, agar pemahaman kita tentang email bahasa Inggris lebih mantap dan lengkap, berikut saya sajikan 5 tips penting dalam menulis email dalam bahasa Inggris.

5 Tips Menulis Email dalam Bahasa Inggris Yang Baik Beserta Contohnya

1. Gunakanlah greeting (salam pembuka) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Selalu buka email Anda dengan salam (salam pembuka), seperti "Dear John" . Jika hubungan Anda dengan pembaca adalah hubungan yang formal, gunakanlah nama keluarga mereka misalnya "Dear Mrs Hasibuan". Jika Anda belum tau nama pembaca Anda, dalam email resmi Anda dapat menggunakan salam pembuka yang umum seperti “Dear sir/madam” atau “To whom it may concern”. Jika hubungan Anda dan pembaca adalah hubungan yang lebih santai, Anda hanya boleh saja mengatakan, "Hi Kelly".
2. Jangan lupa ucapkanlah terimakasih pada penerima emai untuk email balasan
Jika Anda membalas sebuah pertanyaan dari klien, Anda sebaiknya memulai dengan ucapan terima kasih atas pertanyaan tersebut. Sebagai contoh, jika seseorang memiliki pertanyaan tentang perusahaan Anda, Anda bisa mengatakan, “Thank you for contacting Englishiana Company”. Jika seseorang telah menjawab salah satu email Anda, pastikan Anda mengatakan, “Thank you for your prompt reply” or “Thanks for getting back to me”. Berterimakasih pada pembaca m membuat Anda tampil lebih sopan dan memberi kesan yang lebih akrab ke pada pembaca.


5 Tips Cara Menulis Email dalam Bahasa Inggris
3. Nyatakanlah tujuan Anda menulis email secara jelas, singkat, dan padat
Jika Anda yang memulai komunikasi lewat email, namun keadaanya tidak memungkinkan / tidak mengharuskan anda mengucapkan terima kasih, mulailah membuka badan email dengan menyatakan tujuan Anda menulis email tersebut. Misalnya, “I am writing to enquire about …” or “I am writing in reference to …”.
Buatlah tujuan Anda jelas sejak awal dalam email, dan kemudian pindah ke teks utama email Anda. Ingat, orang ingin membaca email dengan cepat, sehingga membuat kalimat Anda singkat dan jelas adalah hal yang sangat penting. Anda juga harus memperhatian tata bahasa, ejaan, dan tanda baca sehingga Anda memberikan kesan profesional dari diri Anda dan perusahaan Anda ke pada pembaca.
4. Buatlah closing yang berisi ucapan terimakasih dan harapan
Sebelum Anda mengakhiri email Anda, disarankan Anda mengucapkan terima kasih kepada pembaca Anda sekali lagi dan menambahkan penutupan yang sopan. Anda dapat mengungkapkannya dengan menuliskan “Thank you for your patience and cooperation” or “Thank you for your consideration” “If you have any questions or concerns, don’t hesitate to let me know” and “I look forward to hearing from you”.
5. Akhirilah dengan sebuah salam penutup
Langkah terakhir adalah untuk membuat penutupan disertai dengan nama Anda. “Best regards”, “Sincerely”, and “Thank you” untuk email resmi. Hindari penutupan seperti “Best wishes” or “Cheers” kecuali jika Anda berteman baik dengan pembaca. Akhirnya, sebelum anda menekan tombol kirim, tinjaulah dan periksa ejaan email Anda sekali lagi untuk memastikan bahwa email Anda benar-benar sempurna!
Sobat englishiana.com, demikianlah 5 tips menulis email dalam bahasa inggris yang baik beserta contohnya. Semoga setelah mempelajari tips-tips tersebut kita kemudian menjadi mampu menjalin komunikasi yang sangat efektif melalui Email di dunia internasional.

Jika anda ingin melihat contoh email bahasa Inggris yang lainnya, silahkan klik di sini. Jika anda ingin memperluas pemahaman tentang email bahasa Inggris baik email formal maupun informal dan langkah-langkah menulis email dalam bahasa Inggris yang baik, silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top