Pengertian, Rumus, dan Contoh Noun Clause / Klausa Nomina dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Rumus, dan Contoh Noun Clause / Klausa Nomina dalam Bahasa Inggris

Pengertian,Rumus, dan Contoh Noun Clause / Klausa Nomina dalam Bahasa Inggris – Sobat englishiana.com, kalau pada posting sebelumnya kita telah membahas tuntas tentang apa itu klausa / Clause, apa yang dimaksud dependent dan independent clause, dan apa saja yang termasuk dalam dependent clause, pada posting kali ini kita akan fokus pada Noun Clause. Tidak jauh berbeda dengan definisi Adjective Clause / Adverbial Clause, secara umum dapat kita katakana bahwa Noun Clause adalah sebuah klausa terikat yang berfungsi sebagai kata benda. Untuk memperjelas pembahasan kita kali ini, saya juga memberikan beberapa noun clause examples sentences / contoh kalimat noun clause disertai dengan pembahasannya. Namun sebelum terlalu jauh melangkah, mari kita simak dan cermati terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Noun Clause.

A. DEFINISI KLAUSA KATA BENDA / THE DEFINITION OF NOUN CLAUSES

Sebuah klausa kata benda / noun clause adalah klausa terikat / dependent clause, klausa yang tidak dapat berdiri sendiri, yang berperan sebagai kata benda. Noun clause biasanya diawali dengan kata-kata penghubung subordinative seperti how, that, what, whatever, when, where, whether, which, whichever, who, whoever, whom, whomever, dan why. Perhatikan contoh-contoh berikut (pada contoh berikut, noun clause adalah klausa yang berbayang kuning):
I like movie.
I know London.
Compare the three examples above to these:
I like what you see.
I know that the tide is turning.
Dari ke dua kelompok contoh tersebut dapat diketahui bahwa semua kata yang bercetak tebal (movie dan London) adalah kata benda, sementara semua kata yang berbayang kuning adalah klausa yang berfungsi sebagai kata benda atau kemudian kita menyebutnya sebagai klausa kata benda / noun clause.

B. FUNGSI KLAUSA KATA BENDA / THE USES OF A NOUN CLAUSE

Seperti halnya kata benda (Noun), noun clause juga dapat menempati beberapa fungsi seperti berperan sebagai subyek, objek, complemen, atau objek dari preposisi. Untuk pembahasan lebih jelasnya tentang fungsi noun clause, perhatikan paparan di bawah ini.

1. Noun Clause as Subject

Noun clause dapat berperan sebagai subjek dari sebuah kata kerja. Kita akan dapat dengan mudah memahaminya dengan melihat beberapa contoh di bawah ini:
What Alia said made her parents cry.
What Mega wrote surprised her friends.
What the man just said was not very polite.
Pada 3 contoh di atas, dapat kita lihat bahwa ke tiga noun clause yang berbayang kuning berperan sebagai subyek dari kalimat-kalimat tersebut. Untuk melihat hal tersebut, kita dapat mendemonstrasikannya dengan menanyakan pertanyaan berikut: What made Alia’s parents cry? Maka jawabannya adalah "What Alia said." Oleh karenanya klausa, "What Alia said" adalah subjek dari kata kerja (made) pada kalimat tersebut.

2. Noun Clause as Object

Noun clause juga dapat bertindak sebagai objek dari suatu kata kerja:
Shereen didn't know that the answers were wrong.
He didn't realize where the stove was.
They now understand that the students should not cheat on an exam.
Pada 3 contoh di atas, dapat kita lihat bahwa ke tiga noun clause yang berbayang kuning berperan sebagai obyek dari kalimat-kalimat tersebut. Untuk melihat hal tersebut, kita dapat mendemonstrasikannya dengan menanyakan pertanyaan berikut: What didn't shereen know? Maka jawabannya adalah "That the answers were wrong." Oleh karenanya klausa, "That the answers were wrong" adalah ojek dari kata kerja (didn’t know) pada kalimat tersebut. Hal yang sama juga terjadi pada dua contoh yang lainnya.

Pengertian, Rumus, dan Contoh Noun Clause

3. Noun Clause as Object of a Preposition

Noun clause juga bertindak sebagai Objek dari sebuah preposisi. Semisal:
Hardi is not the provider of what Maria needs.
Josephine is not responsible for what Alex has done.
Alline is waiting for what Arya is planning.
Kemudian mari kita jawab, Hardi is not the provider of what?, Josephine is not responsible for what?, dan Allie is the owner of what?, Semua jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut adalah noun clause yang berposisi sebagai Object of Preposition di atas.

4. Noun Clause as Subject Complement

Pada tiga contoh berikut, noun clause bertindak sebagai sebuah keterangan yang menjelaskan Subject. Misalnya:
Carlo's problem was that he didn't do the homework.
The most important thing in our lives is that we do what we love.
The moral value from the story is that we should not be arrogant.
Sekali lagi, apakah Anda melihat apa pertanyaan yang dapat dijawab noun clause yang berbayang kuning di atas? Benar, What was Carlie's problem?, What is the most important thing in our lives?, dan What is he moral value from the story? Tanpa noun clause di atas, kalimat-kalimat tersebut tidak akan lengkap secara grammatika, atau bahkan mereka terdengar tidak lengkap sama sekali.

5. Noun Clause as Adjective Complement

Yang terakhir, noun clause dapat juga berperan sebagai sebuah Pelengkap Kata Sifat / adjective complement.
The group is happy that Meg returned home.
The child is sad that his stomach hurts.
The family is excited that they bought a new house.
Coba Anda jawab sendiri tiga pertanyaan berikut: Why is the group happy?, Why is the child sad?,  dan Why is the family excited? Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh ke tiga noun clause di atas, sehingganya dapat kita yakini bahwa ketiga noun clause tersebut memberikan pelengkap terhadap kata sifat / adjective.

C. NOUN CLAUSE OR ADJECTIVE CLAUSE?

Ada sebuah perdebatan panjang tentang penyebutan sebuah jenis klausa terikat di mana kata benda / Noun di jelaskan oleh klausa kata sifat / Adjective Clauses. Kemudian, apakah mereka disebut Noun Clause / Adjective Clause?
I've met the man who won the lottery last night.
A leader is someone who decides everything in his team.
You love a girl whom I love.
Pada tiga contoh di atas who won the lottery last night. Adalah adjective clause yang menjelaskan Noun (the man), who decides everything in his team. Adalah adjective clause yang menjelaskan Noun (someone), dan whom I love. Adalah adjective clause yang menjelaskan Noun (a girl). Sampai saat ini, perdebatan tentang hal ini masih terjadi. Sebagian orang menyebutnya sebagai Noun Clause karena ada klausa dalam kumpulan kata yang menjelaskan kata benda tersebut dan sebagaian yang lain menyebutnya sebagai Adjective Clause karena menurut mereka dalam kumpulan kata tersebut, yang memiliki klausa adalah klausa kata sifat. Namun pada kasus ini, jika mereka disatukan menjadi satu klausa (Noun + Adjective Clause), penulis bersepakat untuk menyebutnya Noun Clause. Silahkan tentukan posisi Anda masing-masing sobat.
Nah demikianlah pembahasan kita tentang pengertian, rumus, dan contoh noun clause / klausa nomina dalam bahasa Inggris. Semoga setelah membaca paparan ini, sobat englishiana.com kini mampu memahami tentang berbagai hal terkait dengan Noun Clause khususnya, dan tentang Klausa / Clause pada umunya sehingga mampu dengan mudah membuat contoh kalimat noun clause dalam bahasa Inggris. Untuk melihat diskusi tentang Grammar yang lain, klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top