Pengertian dan Pembahasan Lengkap tentang Frase / Phrase dan Klausa / Clause dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Pengertian dan Pembahasan Lengkap tentang Frase / Phrase dan Klausa / Clause dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Pengertian dan Pembahasan Lengkap tentang Frase / Phrase dan Klausa / Clause dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya - Sobat englishiana.com sudah tahukah Anda tentang apa itu klausa? Apa itu frase? Mungkin sudah seringkali kita ditugasi oleh guru bahasa kita untuk membuat contoh klausa /clause dan contoh frasa / phrase selama belajar di sekolah. Namun masih ingatkah kita tentang apa yang dimaksud dengan klausa atau yang dikenal sebagai Clause dan frasa yang dikenal dengan Phrase dalam bahasa Inggris?  Tentu banyak dari kita yang tidak langsung serta-merta menjawab clause adalah blank blank blank. Mungkin kita harus sedikit mengernyitkan dahi untuk kemudian mengingat apa itu klausa / clause dan apa arti kata frasa. Nah, untuk kembali mempertajam pemahaman kita tentang apa itu klausa dan apa itu frase, silahkan ikuti ulasan englishiana.com di bawah ini!
Pengertian Klausa (Clause)
Apa itu klausa? Dalam bahasa Inggris, Klausa adalah kelompok kata yang berisi subjek dan predikat (kata kerja / verb, tobe, modal, dan frase kata kerja) Semisal “I cry.” atau “When i cry.” Klausa yang disebut dengan istilah “Clause” dalam bahasa Inggris berbeda dengan frase / “Phrase”, yang tidak memiliki subjek dan predikat, seperti “to the park.”
Jenis-Jenis Klausa (Types of Clause)
Klausa / clause, dibagi menjadi dua jenis yaitu klausa bebas (bisa berdiri sendiri) dan klausa terikat (tergantung pada klausa bebas / tidak bisa berdiri sendiri). Klausa bebas atau disebut dengan Independent clauses dalam bahasa Inggris disebut juga kalimat karena dapat berdiri sendiri dan mengungkapkan makna secara utuh. Akan tetapi, Klausa terikat atau disebut dengan Dependent clauses, atau subordinate clauses, adalah klausa yang tergantung pada klausa lain, biasanya klausa bebas, dan maknanya bergantung pada klausa tersebut.
Contoh:
She has many cars.
Contoh di atas disebut (Independent Clause) karena klausa tersebut terdiri dari She = Subject, has = Predicate, & many cars = Object, atau dengan kata lain klausa tersebut telah memiliki syarat yang lengkap untuk menjadi sebuah klausa karena telah memiliki subjek dan predikat dan juga layak disebut independent clause karena memiliki makna yang lengkap sehingga ia dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat.

Pengertian dan Pembahasan Lengkap tentang Frase / Phrase dan Klausa
Because She has many cars .....
Contoh di atas disebut (dependent Clause) karena klausa tersebut terdiri dari because = Suborditaing Conjunction, She = Subject, has = Predicate, & many cars = Object, atau dengan kata lain klausa tersebut telah memiliki syarat yang lengkap untuk menjadi sebuah klausa namun ia hanya layak disebut sebagai dependent clause karena klausa tersebut tidak memiliki makna yang lengkap sehingga ia tidak dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat. Klausa tersebut akan memiliki sebuah makna yang lengkap dan dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat jika kita melengkapinya dengan sebuah klausa bebas. Semisal: Because She has many cars, she is arrogant. Because She has many cars = Dependent Clause dan she is arrogant = Independent Clause.
Jenis-Jenis Klausa Terikat (Types of Dependent Clause)
Klausa terikat / Dependent clauses mengandung subjek dan predikat (kata kerja / verb, tobe, modal, dan frase kata kerja) tetapi tidak mengungkapkan makna yang lengkap. Akibatnya, Klausa terikat / Dependent clauses tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat. Dependent clauses dapat berfungsi baik sebagai klausa kata benda / noun clauses, klausa kata sifat / adjective clause, atau klausa adverbial / adverbial clause. Berikut adalah beberapa contoh Dependent clauses pada klausa yang digarisbawah ini:
When the storm happened, she was sleeping on her bed. (Adverbial Clause)
Bob wore the coat which I gave yesterday. (Adjective Clause)
I will always like what you do to me. (Noun Clause)
Catatan:
Setiap dependent clause biasanya diawali oleh sebuah subordinating conjunction. Subordinating conjunction adalah kata penghubung yang menggabungkan dua klausa yang tidak setara seperti dependent clause dengan independent clause, ataupun sebaliknya. Contoh subordinating Conjunction misalnya when, before, wherever, who, which, that, dll. Lalu kemudian, mengapa kalimat pertama disebut Adverb Clause sementara kalimat yang lain disebut Adjective Clause dan Noun Clause? Temukan pembahasan lengkapnya di sini:
Nah, semoga apa yang penulis sajikan pada posting ini dapat membawa sedikit pencerahan untuk sobat englishiana.com semua tentang apa itu klausa, apa itu frase, apa itu subordinative conjunction, mengapa disebut dependent clause, mengapa disebut independent clause, dan apa saja yang termasuk dependent clause.

Salam semangat! Akhir kata englishiana pamit, namun jika sobat semua masih ingin melihat pembahasan grammar yang lain silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top