Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya

Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya

Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya – Salam semangat sobat Englishiana di manapun berada. Pada posting kali ini englishiana.com ingin mengulas tentang bagaimana caranya membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris yang representative sehingga mempermudah semua job seekers untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Surat lamaran kerja (application letter) sangat penting peranannya untuk memberikan informasi yang akurat tentang gambaran diri kita secara lengkap sehingga mampu menarik sebuah perusahaan atau organisasi untuk merekrut kita menjadi salah satu kariyawannya.

Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh dan Artinya
Surat lamaran adalah surat resmi satu halaman yang disertai dengan resume/CV dan dokumen lain yang diminta untuk pekerjaan atau program akademik tertentu. Surat lamaran (application letter) seringkali disebut dengan (cover letter). Agar mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana cara membuat surat lamaran (application letter) yang baik, mari kita perhatikan penjelasan berikut.

I. Menulis Surat Lamaran Kerja (Application Letter)

Perusahaan mungkin menerima ratusan surat lamaran pekerjaan dari para pelamar, sehingga hal ini penting untuk memastikan bahwa surat atau email yang anda kirim bersama cv yang anda lampirkan memberikan kesan yang baik. Ini adalah kesempatan anda untuk mengatakan mengapa anda menginginkan pekerjaan itu dan untuk memperkenalkan diri anda sebagai pelamar yang mampu memberikan kesan terbaik sebagai pegawai yang memiliki prospek ke depan untuk perusahaan yang dilamar.
1. Persiapan:
A. Sebelum anda memulai:
  1. Baca iklan yang menawarkan pekerjaan tersebut dengan baik sehingga anda dapat mengirimkan lamaran anda berdasarkan persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Melakukan pengamatan terhadap susunan orgaisasi perusahaan tersebut: hal ini akan menunjukkan ke pada calon perusahaan bahwa anda benar-benar tertarik pada perusahaan tersebut.
B. Membuat surat lamaran

Poin-poin umum yang perlu diperhatikan ketika membuat surat lamaran adalah:
  1. Buat secara singkat. Anda tidak perlu untuk memberikan banyak perincian. Apa yang anda tuju adalah penjelasan jelas dan singkat atas kesiapan anda untuk pekerjaan tersebut.
  2. Mulailah surat atau email anda ‘yang terhormat Bp/Ibu ...’ (‘Dear Mr/Mrs/Ms xxxx’) jika anda mengetahui nama orangnya, atau ‘ Yth Bp/Ibu’ (‘Dear Sir or Madam’) jika anda tidak mengetahui nama nya.
  3. Hindari bahasa yang tidak pantas seperti bahasa gaul atau logat khusus di wilayah anda
  4. Gunakan kalimat informatif yang jelas dan paragraf yang pendek.
  5. Periksa ejaan anda,  tatabahasa, dan tanda baca dengan hati-hati. Beberapa perusahaan membuang secara rutin surat lamaran yang berisi kesalahan-kesalahan seperti itu.
2. Susunan
Susuan yang umumnya ada pada surat lamaran pekerjaan adalah:
  1. Posisi yang dilamar. Beri judul dari pekerjaan sebagai kepala, atau masukkan ke dalam kalimat pertama dari surat anda, gunakan kode referensi jika ada. Hal ini akan memastikan bahwa lamaran anda bisa langsung berada pada orang yang benar dalam organisasi tersebut. Anda seharusnya juga menyebutkan dimana anda melihat iklan pekerjaan atau dimana anda mendengar tentang lowongan pekerjaan tersebut. Jika anda mendengarnya dari seseorang yang sudah bekerja untuk perusahaan, sebutkan nama dan posisinya dalam perusahaan tersebut
  2. Pekerjaanmu yang sekarang: jika kamu sedang bekerja, berikan garis besar pekerjaanmu yang sekarang dengan jelas. Ambil garis besar pekerjaan yang sesuai dengan persyaratan dalam iklan dan fokuskan pada beberapa keahlian anda atau tanggungjawab yang sesuai dengan yang diminta. Seperti contoh, jika iklan menyatakan bahwa keahlian manajemen adalah penting, kemudian nyatakan dengan jelas pengalaman manajemen apa yang anda miliki. Jika anda masih belajar, fokus pada aspek yang sesuai dengan yang anda pelajari sekarang atau modul kursus anda.
  3. Alasan-alasan anda mengapa anda menginginkan pekerjaan itu: paparkan dengan jelas dan optimis tentang mengapa anda meninginkan pekerjaan tersebut. Anda mungkin mengatakan bahwa anda siap untuk tantangan yang lebih besar, tanggung jawab lebih, atau percepatan perubahan karier yang progressive, misalnya. Uraikan kualitas dan keterampilan yang anda percayai dapat anda bawa ke pekerjaan atau organisasi tersebut.
  4. Paragraf penutup: di paragraf terakhir ini anda bisa mengatakan kapan anda akan bersedia untuk mulai bekerja, atau menyarankan bahwa perusahaan menyimpan CV anda / lamaran kerja anda pada file mereka jika mereka memutuskan bahwa anda tidak cocok untuk pekerjaan yang anda lamar saat ini dengan maksud untuk dapat dipertimbangkan pada lowongan kerja berikutnya.
  5. Tanda tangan: jika anda mengirim surat lamaran bukan email, selalu ingat untuk menandatanganinya dan menuliskan nama anda di bawah tanda tangan tersebut. 

II. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Info Lowongan Kerja


Berikut saya sajikan dua contoh surat lamaran pekerjaan yang asli ditulis oleh native speaker sehingga anda dapat menulis lamaran kerja dalam bahasa Inggris dengan baik. Contoh surat lamaran docx. berikut dituliskan berdasarkan informasi yang didapat dari informasi lowongan pekerjaan.  

III. Lamaran Kerja Spekulatif (Tidak Berdasarkan Iklan Lowongan Kerja)

Jika anda ingin bekerja untuk sebuah perusahaan atau organisasi tertentu tetapi anda belum melihat sebuah iklan untuk lowongan yang cocok, anda bisa mengajukan surat lamaran kerja spekulatif. Surat ini biasanya juga dilengkapi dengan CV anda / resume, disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Tetap usahakan manulis surat lamaran yang pendek, jelas, dan optimistis: ceritakan mengapa anda sangat tertarik untuk bekerja di perusahan tersebut disertai dengan keterampilan, kualifikasi, dan kualitas pribadi apa yang anda tawarkan.

Jika memungkinkan, tujukan surat lamaran anda kepada orang yang bertugas merekrut staf baru pada tempat tersebut. Anda bisa menemukan informasi ini dengan menelepon langsung atau berkonsultasi dengan mengakses situsnya. Jika Anda melamar melalui surat, bukan email, anda bisa menyertakan perangko pada amplop yang dialamatkan ke pada perusahaan tersebut untuk meningkatkan peluang anda untuk mendapat respon.

IV. Contoh Aplikasi Pekerjaan Spekulatif

Berikut ini adalah contoh dari suratlamaran kerja spekulatif docx

Nah demikianlah penjelasan tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan (application letter) dalam  bahasa inggris. Semoga setelah membaca pembahasan ini, pembaca semua, utamanya para job seekers, mampu membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris (application letter) yang berkualitas dan meyakinkan sehingga mempermudah jalan pembaca semua mendapat pekerjaan yang diinginkan. Untuk melihat materi bahasa Inggris yang lain, silahkan klik disini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top