Belajar Bahasa Inggris Online (Gerund dan Infinitive Berbentuk Passive dan Past)

Belajar Bahasa Inggris Online (Gerund dan Infinitive Berbentuk Passive dan Past)

Belajar Bahasa Inggris Online (Gerund dan Infinitive Berbentuk Passive dan Past) – Sobat Englishiana dimanapun berada sudah tahukah anda jika Gerund dan Infinitive dapat  berbentuk pasif? Sudah tahukah anda jika Gerund dan Infinitive juga dapat menyatakan sesuatu yang terjadi pada masa lampau? Ya, itu bisa saja terjadi jika kita ingin menyatakan kalimat-kalimat seperti “saya tidak menduga diundang pada pesta itu.”, “Hujan nampaknya sudah berhenti.”, “Saya mengapresiasi telah mendapatkan kesempatan untuk bertemu Presiden.” , dll. Dalam beberapa contoh kalimat di atas, kita tidak dapat menggunakan Gerund atau Infinitive dalam bentuk aktif dan present karena akan merubah maksud pembicaraan kita dan itu sering mengakibatkan pesan yang ingin kita maksudkan tidak tersampaikan dengan baik. Namun begitu, kita tetap harus ingat bahwa tidak semua kata kerja dalam bahasa Inggris harus kita rubah ke dalam bentuk passive.

Gerund dan Infinitive Berbentuk Passive dan Past
Belajar Bahasa Inggris Online (Gerund dan Infinitive Berbentuk Passive dan Past)
Nah agar kita dapat menggunakan bentuk passive dan past dari Gerund dan Infinitive, mari kita pahami pembahasan berikut beserta contohnya.

Passive Infinitive

1. Apabila kita menggunakan infinitive dalam bentuk passive, maka formulanya adalah:
to + be + Verb 3 (Past Participle)
Contoh:

I didn’t expect to be called as the winner of this competition. (Saya tidak menyangka dipanggil sebagai pemenang dari kompetisi itu.)

2. Apabila kegiatan yang kita ungkapkan dalam bentuk infinitive terjadi pada waktu lampau, maka formulanya adalah:
to + have + Verb 3 (Past Participle)
Contoh:

The rain seems to have stopped. (Hujannya nampak telah berhenti.) *

* Kejadian yang dinyatakan dalam dengan sebuah Past Infinitive terjadi sebelum waktu pengucapan kata kerja utama. Jadi jika kalimat tersebut ingin kita ungkapkan dalam bentuk yang lebih detail, maka bentuknya adalah “The rain seems now to have stopped a few minutes ago.”

3. Apabila kegiatan yang kita ungkapkan dalam bentuk infinitive terjadi pada waktu lampau dan passive, maka formulanya adalah:
to + have been + Verb 3 (Past Participle)
Contoh:

This food seems to have been cooked by a professional chef. (Makanan ini nampaknya telah dimasak oleh seorang chef professional.

Passive Gerund

1. Apabila kita menggunakan Gerund dalam bentuk passive, maka formulanya adalah:
being + Verb 3 (Past Participle)
Contoh:

I appreciated being invited to her party.  (Saya menghargai diundang pada pestanya.)


2. Apabila kegiatan yang kita ungkapkan dalam bentuk Gerund terjadi pada waktu lampau (sebelum kata kerja utama), maka formulanya adalah:
having + Verb 3 (Past Participle)
Contoh:

The students often forget having got some punishments. (Murid-murid sering lupa telah mendapatkan beberapa sangsi.) *


* Kejadian yang dinyatakan dalam dengan sebuah Past Gerund terjadi sebelum waktu pengucapan kata kerja utama. Jadi jika kalimat tersebut ingin kita ungkapkan dalam bentuk yang lebih detail, maka bentuknya adalah “The students often forget having got some punishments in the past.”

3. Apabila kegiatan yang kita ungkapkan dalam bentuk Gerund terjadi pada waktu lampau dan passive, maka formulanya adalah:
to + have been + Verb 3 (Past Participle)
Contoh:

The child admitted having been kidnaped. (Anak itu mengaku telah diculik.)


Sobat Englishiana, demikinalah pembahasan kita tentang Gerund dan Infinitive dalam bentuk passive dan past. Semoga apa yang saya tuliskan pada postingan kali ini menambah pemahaman sobat Englishiana semua dalam menguasai Gerund dan Infinitive dan yang terpengting sobat Englishiana semua dapat mengetahui bahwa Gerund dan Infinitive juga dapat berbentuk passive dan juga dapat menyatakan sesuatu yang terjadi pada masa lampau (past). Selamat belajar bahasa Inggris secara gratis setiap saat bersama www.englishiana.com .



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top