Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips MenulisEssay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia – Apakabar sobat Englishiana semua, semoga anda selalu sehat dan bahagia. Apakah ada di antara kalian yang sedang mendapatkan tugas menulis? Apakah anda bingung mencari ide dan belum memahami secara mendalam tentang bagaimana cara membuat tulisan yang representatif dan menarik? Nah, pada posting kali ini englishiana.com akan mengulas tentang tips dan trik menulis essay yang menarik. Pada kesempatan ini juga akan dibahas tentang cara memulai dan menyusun kerangka essay dengan mudah sehingga ahirnya sobat Englishiana semua dapat dengan mudah membuat contoh essay yang menarik. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang tips menulis essay bahasa Inggris sebaiknya kita pahami dulu apakah yang dimaksud dengan essay pada bahasan berikut ini.

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis Tentang Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia
Tips Menulis Essay Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia

Pengertian dan Jenis-Jenis Essay

Sebuah essay adalah tulisan pendek non-fiksi tentang sebuah topik tertentu. Tulisan jenis ini merupakan tugas umum di sekolah dan universitas, sehingga Anda mungkin saja sudah pernah menulis tulisan jenis ini. Essay memiliki banyak bentuk yang berbeda-beda seperti essay teks berbentuk narative yang umumnya membicarakan tentang sebuh cerita, essay teks berbentuk persuasif yang biasanya berbentuk paragraph argumentative, dan essay eksplorasi yang mencoba mengeksplorasi sebuah ide. Apapun jenis essay yang akan Anda tulis, prinsip-prinsip di bawah ini akan membantu menhubungkan ide yang Anda akan tuliskan ke pada pembaca Anda dengan baik.

Tips-Tips Menulis Essay Bahasa Inggris yang Menarik

1. Ketahui dengan pasti tujuan tulisan Anda
Jika Anda menulis essay untuk sebuah tugas, maka Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa  Anda memahami apa yang diminta untuk ditulis pada essay Anda. Jika Anda menulis untuk alasan lain, penting sekali untuk Anda pahami tujuan Anda menulis essay tersebut. Apakah Anda ingin berbagi informasi atau pengalaman atau mencoba mempengaruhi pembaca untuk mengubah pikiran mereka, tujuan Anda menulis akan sangat menentukan berbagai pilihan yang akan Anda buat dalam essay Anda.

2. Pahami audien Anda
Semakin banyak Anda tahu tentang siapa yang akan membaca essay Anda, maka akan semakin baik. Pembaca yang ahli tentang topik Anda sudah akan memiliki beberapa latar belakang pengetahuan. Pembaca yang seusia Anda akan akrab dengan film-film yang sama dan lagu-lagu yang mungkin Anda akan sebutkan. Semakin sedikit Anda tahu tentang audiens Anda, semakin Anda akan perlu mendefinisikan istilah Anda dan memberikan konteks untuk contoh-contoh Anda.

3 Brainstorm tentang topik Anda
Catat semua yang Anda dapat pikirkan tentang segala hal yang berkaitan dengan subjek yang akan Anda tulis. Beberapa orang membuat daftar kata atau topik, sementara yang lain menggambar diagram atau peta kerangka penulisan. Intinya adalah untuk segera mengumpulkan banyak ide untuk memulai. Jika Anda tidak punya ide, maka bukalah koran, tontonlah televisi, atau amati apa yang terjadi di sekitar anda. Dengan melakukan beberapa hal tersebut Anda akan mendapat masukan yang banyak tentang sesuatu yang akan anda jadikan topik.

4 Tentukan tesis (rumusan masalah)
Tesis Anda adalah rumusan masalah yang akan Anda bahas dan merupakan topik dari tulisan anda. Merujuklah pada catatan Anda saat brainstorming untuk mencari tahu apa yang ingin Anda katakan. Rubahlah ide yang telah ada tersebut menjadi kalimat lengkap yang berbentuk rumusan masalah dan sertakan penjelasan atau alasan-alasan yang mendukung rumusan masalah yang telah anda buat. Bersiaplah untuk mengubah sedikit tesis Anda saat pembahasan Anda sedikit keluar dari ide awal Anda.

5. Kembangkan essay Anda
Setelah Anda memiliki tesis, Anda kemudian harus memaparkan bukti-bukti untuk mendukung klaim tesis Anda. Mulailah dengan membuat daftar alasan Anda agar pembaca mempercayai apa yang Anda nyatakan dalam tesis. Lakukan penelitian tentang apa saja yang Anda butuhkan; data statistik dan pendapat-pendapat pendukung akan membantu Anda memperkuat argumen-argumen Anda. Pengalaman-pengalaman pribadi yang berhubungan dengan thesis juga baik untuk ditambahkan, tambahkan pula contoh unik yang orang lain tidak berikan.

6 Buatlah sebuah struktur essay
Susunlah essay Anda sesuai dengan tujuan Anda. Jika Anda sedang menulis sebuah narrative essay, Anda harus menyusun materi Anda dalam urutan yang kronologis (sesuai urutan waktu). Sebagai sebuah variasi, pertimbangkan untuk menggunakan kilas balik untuk menciptakan ketegangan. Untuk sebuah argumentative essay, Anda harus membuat daftar alasan-alasan pendukung Anda untuk kepentingan tersebut. Setiap esai memiliki awal, tengah, dan akhir, tapi tidak setiap essay memerlukan paragraf introduction yang formal atau kesimpulan.

7 Hubungkan ide-ide Anda
Pembaca memerlukan semacam peta penunjuk jalan untuk melalui esai Anda. Gunakan transisi yang baik untuk membantu mereka bergerak dari satu ide ke ide berikutnya secara mulus. Transisi sering berupa kata-kata  penghubung seperti ‘then’, ‘but’, atau ‘therefore’. Juga, pertimbangkan judul / sub judul dan pengulangan kata-kata / frasa-frasa tertentu,yang merupakan perangkat untuk membuat transisi yang baik dalam sebuah essay.

8 Pilih bahasa yang mengesankan
Gunakanlah kata-kata yang jelas, juga kata-kata khusus. Misalnya anda sedang menulis essay dengan menggunakan kata “burung” , maka pembaca Anda tidak akan tahu apakah itu besar, kecil, ramah, atau bahkan bisa terbang. Tulislah dengan lebih spesifik, semisal “elang ekor merah” maka pembaca Anda akan memiliki gambaran yang jelas. Kata-kata yang konkret membantu pembaca lebih memahami apa yang Anda ingin komunikasikan.

9 Ciptakan judul yang kuat
Orang-orang memiliki masing-masing kegiatan yang sangat menyibukkan dan tidak ada yang harus membaca essay Anda. Ciptakanlah judul yang membuat mereka ingin membacanya. Anda bisa mendapatkan perhatian pembaca dengan pertanyaan yang menarik atau frase yang cerdas, tapi pastikan judul dengan jelas menyampaikan topik essay Anda. Judul Anda juga harus juga mudah / banyak dicari, karena sekarang begitu banyak publikasi muncul secara online.

10. Edit dan koreksi essay Anda
Periksa kesalahan tulisan Anda secara teliti. Pertama, bacalah essay Anda dengan suara keras. Jika ada suatu kalimat yang terdengar sumbang, revisilah sampai Anda suka ketika mendengarnya. Kedua, pastikan tata bahasa Anda, tanda baca, dan ejaan semua benar. Ketika Anda berpikir essay Anda telah sempurna, mintalah saran teman untuk memeriksanya lagi.

Nah demikianlah yang dapat kami share pada kesempatan kali ini, semoga setelah membaca posting tentang tips dan trik membuat essay ini sobat Englishiana dapat memulai dan menyusun kerangka essay dengan mudah sehingga sebuah contoh essay yang menarik akan segera dapat Anda buat. Untuk melihat contoh pembahasan tentang text yang lain, silahkan klik link-link berikut.
  1. Pengertian dan contoh descriptive text dalam bahasa inggris dan terjemahannya
  2. RecountText (Full Materi & Kumpulan Contoh Terbaru 2016)
  3. Contoh Explanation Text Full Materi (Purpose, Generic Structures, Contoh,dan Artinya)
  4. Report Text about Dolphin
  5. Definisi Lengkap dan Contoh Hortatory Exposition Text In English
  6. NARRATIVE TEXT (MATERI & 10 CONTOH TERBARU BESERTA ARTINYA 2016)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top