Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016

Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016

Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016 – Pergantian nama dari Sekolah tinggi Akuntansi Negara (STAN) menjadi Politeknik Keuangan Negeri Sekolah tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), ternyata tidak menyurutkan minat lulusan SMA baik Negeri ataupun Swasta untuk mendaftarkan diri  ke sekolah ikatan dinas tersebut. Pada hari pertama pembukaannya saja, yaitu pada tanggal 21 Maret 2016, jumlah pendaftar sudah mencapai 7.679. Jumlah itu setara dengan separuh lebih jumlah pendaftar pada lima sekolah lainya dari tujuh sekolah ikatan dinas yang sudah membuka pendaftaran. Sedangkan pendaftar pada sekolah-sekolah ikatan dinas yang buka pendaftaran pada saat yang bersamaaan seperti Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) telah dilamar oleh sebanyak 2.177 orang, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) telah dilamar oleh sebanyak 2.248  orang dan Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah dilamar oleh sebanyak 437 orang.
Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016
Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016
Setiap pelamar diharapkan benar-benar mencermati setiap persyaratan yang dibutuhkan dan benar-benar memustuskan dengan cermat sekolah yang akan dipilih karena dua poin tersebut sangat krusial dalam proses seleksi kali ini. “Selain memerlukan persyaratan tertentu, pendaftaran hanya boleh dilakukan pada satu pendidikan sekolah dinas. Kalau mendaftar lebih dari satu, akan dicoret,” ungkap Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja di Jakarta, Selasa (22/03). “Apabila mendaftar di dua atau lebih Lembaga Pendidikan, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.  Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi, ” ujar Setiawan menambahkan.
Berita dibukanya pendaftaran untuk 5.940 kursi calon siswa di tujuh Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) ini tak pelak menjadi kabar gembira bagi putra-putri terbaik lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat. Pasalnya, untuk pertama kalinya proses ini dilaksanakan serentak dan setiap pelamar hanya boleh memilih satu sekolah saja. Ini dipandang dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi para pelamar karena masing-masing pelamar tentu memiliki pilihan yang berbeda sehingga menumpuknya pelamar pada satu sekolah tertentu dapat dihindari. Selain itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2016 ini pendaftaran dilakukan secara online melalui portal panseldikdin.menpan.go.id. yang secara sekilas prosesnya hamper sama dengan seleksi CPNS dua tahun terakhir ini. Dengan menjalankan sistem pendaftaran terpadu ini, diharapkan tidak ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang dapat membantu kelulusan dengan kewajiban menyediakan uang dalam jumlah tertentu.
Statistik Jumlah Pendaftar, Jadwal Seleksi, dan Kuota Penerimaan Sekolah Kedinasan Tahun 2016
Pada waktunya nanti, proses pengangkatan menjadi CPNS tidak serta-merta dilakukan setelah siswa lulus dari salah satu dari sekolah-sekolah kedinasan tersebut. Proses itu akan dilakukan setelah siswa dinyatakan lulus serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan tersebut. Mereka akan ditempatkan pada jabatan tertentu sesuai kebutuhan berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan bagi lulusan STTD) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB. “Jadi, meskipun sudah diterima di lembaga  pendidikan ikatan dinas tersebut, tidak otomatis diangkat menjadi CPNS,” imbuhnya.  (ags/HUMAS MENPANRB)
Berikut data kuota penerimaan siswa pada sekolah-sekolah kedinasan tersebut yang berhasil englishiana.com himpun dari situs resmi KEMENPANRB tanggal 23 Maret 2016. PKN STAN, yang memiliki sejumlah jurusan, membuka kesempatan untuk 3.650 siswa. Adapun Istitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan 900 kursi, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) 500 kursi,  Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang mencari 300 calon siswa/taruna, 260 calon taruna Akademi Imigrasi (AIM) dan Poltekip, 250 orang untuk Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan sebanyak 80 orang untuk Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).
Jadwal Pendaftaran, Tes Kemampuan Dasar, dan Kuota Penerimaannya adalah sebagai berikut:
Instansi/ Sekolah
Jadwal pendaftaran
Jadwal TKD
Jumlah diterima
Kementerian Keuangan (PKN STAN)
21 Maret s/d 3 April 2016
20 s/d 24 Juni 20
3.650 siswa
Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
29 Maret s/d 19 April 2016
9 s/d 13 Mei 2016
900 siswa
Kementerian Perhubungan (STTD)
4 April s/d 27 Mei 2016
9  s/d 10 Agustus 2016
300 siswa
Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP)
1 Maret s/d 30 April 2016
19 s/d 22 Juli 2016
500 siswa
Badan Pusat Statistik (STIS)
21 Maret s/d 4 Mei 2016
19 s/d 22 Juli 2016
500 siswa
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
21 Maret s/d 22 April 2016
11 Mei s/d Selesai
250 siswa
Lembaga Sandi Negara (STSN)
15 s/d 30 Maret 2016
15 s/d 22 April 2016
80 siswa


Nah demikianlah sobat Englisshiana sekalian, silahkan persiapkan diri dengan baik, lihat peta persaingan yang ada, dan kami doakan semua yang membaca informasi ini diterima di sekolah impiannya karena persiapan yang baik dan strategi yang brilian. silahkan share halaman ini jika bermanfaat bagi pembaca sekalian. untuk dapat mengakses pembahasan-pembahasan tentang berbagai materi bahasa Inggris klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top