Perbedaan Antara Kata Keterangan dan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Antara Kata Keterangan dan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Antara Kata Keterangan (ADVERB) dan Kata Sifat (ADJECTIVE) dalam Bahasa Inggris – Sobat Englishiana, terkadang memang sulit membedakan kata keterangan dengan kata sifat dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kemiripan bentuk ke duanya dalam bahasa Inggris. Bahkan dalam bahasa Inggris ada beberapa kata sifat yang berbentuk sama dengan ketika ia digunakan sebagai kata keterangan dalam kalimat tertentu.  Contoh kata-kata tersebut diantaranya adalah kata ‘fast, bad,hard’ dan masih banyak lagi yang lain. Nah, di dalam bahasa Inggris, kata keterangan dikenal dengan (ADVERB) dan kata sifat dikenal dengan sebutan (ADJECTIVE). Agar dapat membedakan Adjective dan Adverb dengan benar, dan dapat mengingatnya dengan baik, mari kita lihat pembahasan di bawah ini. 
Perbedaan Antara Adjective dan Adverb dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Antara Kata Keterangan Dan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Perbedaan  Adjective dan Adverb dalam Bahasa Inggris

1. Kata Sifat (Adjective) menjelaskan kata benda (Noun) sedangkan kata keterangan (Adverb) menjelaskan kata kerja (Verb), kata sifat (Adjective), dan kata keterangan lainnya.

Anda dapat mengenali kata keterangan (Adverb) dengan mudah karena banyak kata keterangan yang dibentuk dengan menambahkan ahiran “-ly” pada kata sifat (Adjective). Berikut adalah beberapa kalimat yang menunjukkan beberapa perbedaan antara kata sifat dan kata keterangan berdasarkan pada kata apa yang dijelaskan pada masing-masing  kalimat. Dalam setiap kalimat di bawah ini, tanda panah menunjuk kata apakah yang dijelaskan.
Pada contoh ini "beautifuladalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Ratna."
Pada contoh ini "carelessly" adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata kerja "talks."
Pada contoh ini "happy" adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Ratna" dan "extremely" adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata sifat "happy."
Pada contoh ini "quickly" adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata kerja "runs" dan "very" adalah sebuah adverb yang menjelaskan adverb lain "quickly."
Catatan:
Adverb tidak dapat menjelaskan kata benda seperti contoh di bawah ini:
  1. He is a nicely guy. Kalimat yang benar adalah “He is a nice guy.”
  2. I have a happily cat. Kalimat yang benar adalah “I have a happy cat.”
Di sisi lain, terkadang kita sering membuat kesalahan dengan menggunakan ADJECTIVE (kata sifat) untuk menjelaskan VERB (kata kerja) seperti pada contoh-contoh kalimat berikut.
  1. Henree talks careless about your wife. Kalimat yang benar adalah “Henree talks carelessly about your wife.”
  2. He is walking normal again. Kalimat yang benar adalah “He is walking normally again.”
2. Sebuah Adjective biasanya mengikuti TOBE/kata kerja bantu (is, am, are, was, were, be, been, to be) ketika Adjective akan menjelaskan Noun atau Pronoun yang berposisi sebagai subjek.

Di bawah ini adalah beberapa contoh yang mengilustrasikan aturan ini. Tanda panah menggambarkan kata apakah yang dijelaskan oleh Adjective.





3. Seperti pada poin dua,sebuah adjective juga selalu mengikuti Verb of Senses (kata kerja yang merujuk pada panca indra) ketika kata kerja tersebut berfungsi sebagai Linking Verb (kata kerja sambung/ kata kerja yang berfungsi sebagai tobe)  seperti- feel, taste, smell, sound, look, appear, and seem – ketika ia menjelaskan kata benda sebagai subjek.

Di bawah ini adalah beberapa contoh yang mengilustrasikan aturan ini. Tanda panah menggambarkan kata apakah yang dijelaskan oleh Adjective.
Pada contoh ini “delicious” adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Soto".
Pada contoh ini “beautiful adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "She".
Catatan:

Berhati-hatilah dalam menentukan apakah sebuah kata harus menjelaskan (Noun) yang berposisi sebagai subjek atau (Verb) dalam sebuah kalimat. Jika sebuah kata mejelaskan subjek, maka kita harus menggunakan kata sifat. Jika sebuah kata menjelaskan kata kerja,maka kita harus menggunakan kata keterangan. Perbedaannya ditunjukkan pada pasangan kalimat berikut.


Pada contoh ini “sweet” adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Banana" karena kata kerja "smells" pada contoh ini berperan sebagai linking verb yang berarti beraroma. Menggunakan kata keterangan (Adverb) “sweetly” dalam konteks ini tidaklah tepat karena akan merubah posisi kata kerja “Smells” menjadi kata kerja sebenarnya yang berarti mencium.


Pada contoh ini “carefully” adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata kerja "smells" yang sedang berposisi sebagai kata kerja sebenarnya yang berarti mencium/menghirup aroma.

Nah, bagaimana sobat Englishiana sekalia, mudah bukan membedakan antara kata keterangan (ADVERB) dan kata sifat (ADJECTIVE) dalam Bahasa Inggris? Intinya sekali lagi say ingatkan bahwa Adverb menjelaskan kata kerja (VERB), kata sifat (ADJECTIVE), dan kata keterangan yang lainnya sedangkan kata sifat (ADJECTIVE) tugasnya sangat mudah, yaitu menjelaskan kata benda (NOUN). Kalau prinsip ini kita ingat, maka kita akan dengan mudah menentukan antara kata sifat atau kata benda yang harus kita pakai dalam sebuah kalimat. Untuk melihat materi bahasa Inggris yang lainnya silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top