Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya

Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya

Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya – Sahabat Englishiana, dalam pembahasan Bahasa Inggris kita kali ini, kita akan mempelajari bagaimana menggunakan kata “Have / Has dan Had” dalam kalimat. Dalam bahasa Inggris, ke tiga kata tersebut sangat sering kita temui, baik dalam tek lisan atau tulisan. Karena ke tiga kata tersebut memiliki arti yang berbeda-beda menurut konteksnya, maka pada pembahasan ini saya ingin berbagi tentang bagaimana menggunakan “Have / Has dan Had” pada berbagai konteks kebahasaan dalam bahasa Inggris.

Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya
Fungsi, Arti, dan Penggunaan Have Has Had beserta Contohnya

Secara umum Have / Has dipakai dalam present tenses sementara Had dipakai dalam past tenses dan perfect tenses. Have dan Has dibedakan penggunaannya berdasarkan subjectnya, jika subjectnya She/He/It/ Kata benda tunggal maka Has yang dipakai. Selanjutnya, jika I/You/They/We/ Kata benda jamak maka Have yang dipakai. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan di bawah ini.

Penggunaan Kata “Have / Has” dalam Bahasa Inggris

1. Have / Has dikenal sebagai kata kerja 1 (Verb 1) yang sering dipakai dalam Simple Present Tense dalam bahasa Inggris. Dalam fungsi ini, Have / Has memiliki beberapa arti sebagai berikut:
  1. Have/Has berarti “Posses” / Memiliki. Semisal: “I have three pens.”
  2. Have/Has dalam Causative, yang berarti “Ask” / Menyuruh. Semisal: “I have Rani send the letter.”
  3. Have/Has juga bisa berarti bahwa seseorang melakukan suatu hal. Dalam hai ini biasanya have menggantikan fungsi kata kerja lain seperti eat, do, dll. Semisal: “I usually have breakfast at 7 am.
2. Have / Has dikenal juga sebagai kata bantu (Auxiliary) yang biasanya berarti “sudah/telah” jika ia diikuti kata kerja ke 3 (Verb 3) / been. Fungsi ini biasanya dipakai dalam present perfect dan present perfect continuous. Semisal:
  1. “I have come to her party.” (Saya telah datang ke pestanya).
  2. “She has been studying English for 4 hours so far.” (Dia telah sedang belajar bahasa Inggris selama 4 jam sejauh ini).

Penggunaan Kata “Had” dalam Bahasa Inggris

1. Had dikenal sebagai kata kerja 2 (Verb 2) yang sering dipakai dalam Simple Past Tense dalam bahasa Inggris. Dalam fungsi ini, Had memiliki beberapa arti yang sama seperti Have/Has dalam Simple Present Tense seperti yang sudah dibahas sebelumnya.
  1. Had berarti “Posses” / Memiliki. Semisal: “I had a vintage car last year.”
  2. Had dalam Causative, yang berarti “Ask” / Menyuruh. Semisal: “I had Roni send the letter last week.”
  3. Had juga bisa berarti bahwa seseorang melakukan suatu hal. Dalam hai ini biasanya have menggantikan fungsi kata kerja lain seperti eat, do, dll. Semisal: “I had breakfast late yesterday.
2. Had dikenal juga sebagai kata bantu (Auxiliary) yang biasanya berarti “sudah/telah” jika ia diikuti kata kerja ke 3 (Verb 3) / been. Fungsi ini biasanya dipakai dalam PastPerfect dan Past Perfect Continuous. Semisal:
  1. “I had come to her party before she appeared.” (Saya telah datang ke pestanya sebelum ia nampak).
  2. “She had been studying English for 4 hours before we finally came.” (Dia telah sedang belajar bahasa Inggris selama 4 jam sebelum akhirnya kami datang).
3. Had dikenal juga sebagai kata kerja 3 (Verb 3) atau sering juga disebut sebagai Past/Passive Participle yang sering dipakai dalam Perfect Tenses, Participle, dan Passive Voice dalam bahasa Inggris. Dalam fungsi ini, Had memiliki beberapa arti yang sama seperti Have dalam Simple Present Tense dan Had dalam Simple Past Tense seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Maka tidak mengherankan jika dalam suatu kalimat ada dua buah Had yang muncul bersamaan. Semisal: “Ani had had breakfast before she left for Bandung yesterday.” (Ani sudah sarapan pagi sebelum ia berangkat ke Bandung kemarin).

Nah, bagaimana sobat Englishiana setelah mempelajari materi di atas dengan teliti? Sebenarnya sangat mudah membedakan Have/Has dan Had dalam bahasa Inggris karena mereka memiliki tugas masing masing-masing. Has berperan sama dengan Have, namun mereka dibedakan berdasarkan subjek kalimatnya di mana, he/she/it/kata benda tunggal memakai Has sedang i/you/they/we/kata benda jamak memakai Have. Have/Has dipakai dalam Present Tenses dan juga dipakai sebagai Auxiliary jika ia diikuti kata kerja ke 3. Sementara Had dipakai dalam Present Tenses, Auxiliary Verb dalam Perfect Tenses, dan Verb 3/ Past Participle. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top