Tenses Bahasa Inggris - Contoh Kalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya

Tenses Bahasa Inggris - Contoh Kalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya


Contoh Kalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya
Tenses Bahasa Inggris - Contoh Kalimat Past Continuous Tense Berdasarkan Kegunaanya
Seperti sudah dibahas sebelumnya pada postingan yang berjudul Belajar Bahasa Inggris Online – Past Continuous Tense kita telah ketahui bahwa bahwa ada lima fungsi Past Continuous Tense yaitu untuk menyatakan:
a.    suatu kegiatan yang sedang dilakukan di masa lalu dan kegiatan tersebut diganggu / disela oleh kegiatan lain pada saat yang bersamaan.
b.    suatu kegiatan yang sedang dilakukan di masa lalu dan kegiatan tersebut diganggu / disela oleh keterangan waktu yang sangat spesifik.
c.    beberapa kegiatan yang sedang berlangsung bersamaan pada masa lalu.
d.    atmosfir / keadaan yang sedang berlangsung pada suatu tempat di masa lalu.
e.    suatu kegiatan buruk pada masa lalu yang dilakukan berulang – ulang yang dinyatakan dengan “always” / “constantly” dan membuat tidak nyaman
FUNGSI 1 MENYATAKAN SUATU KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN DI MASA LALU DAN KEGIATAN TERSEBUT DIGANGGU / DISELA OLEH KEGIATAN LAIN PADA SAAT YANG BERSAMAAN
Fungsi pertama dari Past Continuous ini digunakan untuk menyatakan sebuah kegiatan (yang berdurasi lebih lama / dimulai terlebih dahulu) yang sedang berlangsung pada masa lampau dan pada saat yang bersamaan diganggu oleh kegiatan berdurasi lebih singkat yang terjadi kemudian. Semisal (Saya sedang tidur ketika ia datang kemarin) “Saya sedang tidur” adalah klausa yang menyatakan suatu kegiatan berdurasi lebihg lama yang sedang berlangsung pada masa lalu, sementara “ia datang” adalah kgiatan berdurasi lebih singkat yang kemudian mengganggu kegiatan yang pertama. Agar lebih paham, cermati contoh contoh berikut.

Contoh:
  1. ·         Yung Ci was learning Javanese when I phoned him last week.
  2. ·         Yung Ci was not learning Vietnamese when I phoned him last week.
  3. ·         Was Yung Ci learning Javanese when I phoned him last week?
  4. ·         What were you doing when the landslide occurred?
  5. ·         I was listening to the music, so I didn't hear anything.
  6. ·         You were not listening to me when I told you to get out from the house.
FUNGSI 2 MENYATAKAN SUATU KEGIATAN YANG KITA SEDANG DILAKUKAN DI MASA LALU DAN KEGIATAN TERSEBUT DIGANGGU / DISELA OLEH KETERANGAN WAKTU YANG SANGAT SPESIFIK
Dalam bahasa Inggris kata keterangan lampau seperti “yesterday, last week, atau the day before yesterday” lazim dipakai dalam Simple Past Tense. Namun apabila kata keterangan tersebut menjadi sangat spesifik seperti “at 8 AM yesterday atau at this time last week” maka kita harus menggunakan Past Continuous.

Contoh:
  1. ·         was reading my old book at 9 PM yesterday.
  2. ·         was not reading my old book at 9 PM yesterday.
  3. ·         Were you still working the project out at this time yesterday?
  4. ·         Weren't you still working the project out at this time yesterday?
FUNGSI 3 MENYATAKAN BEBERAPA KEGIATAN YANG SEDANG BERLANGSUNG BERSAMAAN PADA MASA LALU
Terkadang penutur asli bahasa Inggris juga menggunakan aturan tenses jenis ini untuk menyatakan beberapa kejadian yang sedang berlangsung bersamaan pada masa lalu:

Contoh:
  1. ·         was meeting my old friends in guest room while Ani was cooking in the kitchen.
  2. ·         Were you listening seriously while he was explaining about this subject?
  3. ·         I wasn't paying attention while he was explaining about this subject.
  4. ·         What were they doing while they were waiting?
  5. ·         Thomy wasn't cheating, and I wasn't either.

FUNGSI 4 MENGGAMBARKAN ATMOSFIR / KEADAAN YANG SEDANG BERLANGSUNG PADA SUATU TEMPAT DI MASA LALU

Dalam bahasa Inggris, kita sering mengungkapkan serangkaian kejadian yang sedang terjadi untuk menggambarkan suasana yang sedang terjadi pada suatu tempat pada masa lalu dengan menggunakan Past Continuous Tense.

Contoh:
  • When I entered the office, several people were busily talking, some were arguing on the phones, the boss was signing some documents, and customers were waiting to be served. One customer was complaining to the receptionist and asking for a good service.
FUNGSI 5 MENYATAKAN KEGIATAN BURUK PADA MASA LALU YANG DILAKUKAN BERULANG – ULANG YANG DINYATAKAN DENGAN “ALWAYS” / “CONSTANTLY” DAN MEMBUAT TIDAK NYAMAN

Past Continuous dengan kata keterangan “always” atau “constantly” menyatakan sebuah pesan bahwa sesuatu yang mengganggu atau membuat orang lain tidak nyaman sedang selalu terjadi pada masa lalu. Yang perlu diingat bahwa dalam fungsi ini Past Continuous memiliki arti yang sama dengan Simple Past Tense namun khusus untuk kalimat – kalimat yang bermakna negatif. Contoh kalimat di bawah ini mencoba menggambarkan tentang fungsi ini.

Contoh:
  1. ·         She was always cheating in exams when she was in elementary school.
  2. ·         He was constantly coming too late when he was young.
  3. ·         I didn't like them because they were always wasting time for nothing.
    Demikianlah kegunaan - kegunaan Past Continuous Tense yang telah kita kupas tuntas sahabat Englishiana. Jadi sekarang harapanya sobat Englishiana semua bisa memahami dengan baik apa - apa saja kondisi yang mengharuskan kita memakai tenses jenis ini. Englishiana caw, English Yourself!





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top