Pengertian Serta Rumus dan Contoh Kalimat Pasif / Passive Voice

Pengertian Serta Rumus dan Contoh Kalimat Pasif / Passive Voice

Pengertian Serta Rumus dan Contoh Kalimat Pasif / Passive Voice - Ditinjau dari pola dan fungsinya, kalimat dalam bahasa Inggris di bagi menjadi dua jenis yaitu kalimat Pasif dan kalimat Aktif. Ini mengapa semua tenses dalam bahasa Inggris memiliki bentuk Aktif dan Pasifnya masing – masing. Apakah sobat Englishiana semua sudah bisa membuat contoh kalimat passive voice? Mungkin sudah banyak yang mampu membuatnya, namun juga masih banyak yang belum memahaminya dan masih ragu menggunakannya dalam kehidupan sehari - hari. Nah, oleh karena itu kita harus mempelajari perbedaan bentuk Aktif dan Pasif pada masing – masing tenses sebelum bisa menggunakannya dengan baik baik secara lisan maupun tertulis. Di bawah ini kita akan bahas satu – persatu jenis kalimat tersebut hingga kita kuasai semua pola perubahannya pada masing – masing tenses. Ceki dot.
Kalimat Pasif / Passive Voice
Pengertian Serta Rumus dan Contoh Kalimat Pasif / Passive Voice

A.       KALIMAT AKTIF

In active sentences, the thing doing the action is the subject of the sentence and the thing receiving the action is the object. Most sentences are active. Dalam kalimat aktif, yang melakukan aksi adalah “Subject” dari kalimat tersebut dan yang menerima perlakuan dari si subjek disebut “Object”. Sebagian besar kalimat dalam bahasa Inggris adalah kalimat aktif.

Contoh Kalimat Active


SUBJECT       +
VERB       +
OBJEK
[yang melakukan pekerjaan]
[kata kerja]
[yang mendapat perlakuan ]

Contoh:
  1. I kick the ball every morning.
  2. Rina ate some cookies yesterday.
  3. We had loved your kindness since the first time you came here.

B.       KALIMAT PASIF

Pada kalimat pasif, yang menerima perlakuan adalah “Subject” dari kalimat tersebut sementara sebaliknya yang melakukan aksi dituliskan secara opsional di akhir kalimat. Maksudnya, terkadang dalam sebuah kalimat pasif siapa yang melakukan pekerjaan / aksi tidak dituliskan dan itu normal. Kita menggunakan kalimat pasif ketika kita berfikir bahwa yang menerima perlakuan dan apa yang dilakukan lebih perlu ditekankan dibandingkan siapa yang melakukan. Kita juga menggunakan kalimat pasif jika kita tidak tahu siapakah yang sebenarnya melakukan aksi / jika kita tidak ingin menyebutkan siapa yang melakukan aksi dalam sebuah kalimat.

Contoh Kalimat Passive Voice


SUBJECT     +
TOBE    +     VERB 3     +     [BY]
OBJECT
[yang mendapat perlakuan ]
[kata kerja yang berarti “Di / Ter”]
[yang melakukan pekerjaan]

Catatan:
  1. Adalah bukan kewajiban dalam kalimat pasif untuk menyebutkan siapa yang melakukan pekrjaan, oleh karenanya frasa “By + O” dalam pola kalimat di atas opsional.
  2. Perlu diingat bahwa kalimat yang bisa dirubah menjadi kalimat pasif adalah kalimat yang memiliki kata kerja (VERB) dan memiliki objek.
  3. Bentuk TOBE dalam kalimat pasif berubah – ubah mengikuti perubahan tenses yang ada. Agar lebih memahami perubahan TOBE dari satu tenses ke tenses yang lain, perhatikan contoh – contoh di bawah ini. Pada contoh di bawah [A] adalah kalimat Aktif dan [P] adalah kalimat Pasif.
Contoh:


[A]
SUBJECT    +  
(KATA KERJA) VERB 1    +
OBJECT
[P]
SUBJECT    +  
TOBE  + (KATA KERJA)  VERB 3   +
OBJECT
*tobe [IS / AM / ARE]
[A]       Twice a day, Mirna sends a letter.
[P]       Twice a day, the class is sent by Mirna.

2.. Simple Past Tense      

[A]
SUBJECT    +  
(KATA KERJA) VERB 2    +
OBJECT
[P]
SUBJECT    +  
TOBE  +  (KATA KERJA)  VERB 3  +
OBJECT
*tobe [WAS / WERE]
[A]       Rosa visited me last morning.
[P]       was visited by Rosa last morning.

Nah, untuk melihat lebih buanyak contoh kalimat passive voice, di link di bawah ini penulis berikan contoh PASSIVE VOICE untuk semua Tenses dan terlengkap tentunya untuk dijadikan referensi pembaca ketika ingin membuat contoh kalimat pasif. Contoh Kalimat Passive Voice Dalam Semua Tenses Bahasa Inggris DanArtinya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top