Pengertian dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Pengertian dan Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Pengertian dan contoh descriptive text dalam bahasa inggris dan terjemahannya - Pada artikel kali ini saya akan membahas salah satu teks bahasa Inggris yang paling populer dan paling dikenal di Indonesia.  Teks tersebut adalah descriptive text. Nah agar kita lebih tau dan paham lebih jauh lagi tentang teks descriptive, berikut penulis sajikan pengertian dan contoh descriptive text dalam bahasa Inggris untuk sobat Englishiana semua.


Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Pengertian Dan Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Pengertian Descriptive Text

Descriptive Text adalah sebuah teks bahasa Inggris untuk mengggmbarkan seperti apa benda atau mahluk hidup tertentu sehingga pembaca dapat membayangkan dan memiliki ganbaran tentang apa yang kita sedang deskripsikan.Untuk tujuan tersebut sebaiknya seorang penulis menggambarkan dengan baik tentang kenampakan, bau, suara, atau tekstur dari benda atau makhluk hidup tersebut yang sedang kita deskripsikan.

Dalam bidang pendidikan bahsa inggris, descriptive text merupakan salah satu pelajaran bahasa Inggris yang wajib dikuasai tidak hanya oleh siswa – siswa SMP, SMA, Mahasiswa, dan siapapun yang berkepentingan dengan text tersebut karena descriptive writing sangat diperlukan untuk perkembangan kemampuan bahasa Inggris kita menjadi lebih baik lagi.

Lebih lanjut, tujuan / fungsi sosial dan contoh descriptive text berikut ini diharapkan bisa membantu sobat yang sedang menempuh perjalanan panjang belajar bahasa Inggris di bangku sekolah. Jangan pernah ragu untuk membaca informasi lebih banyak tentang descriptive text di bawah ini, karena semakin sering kita membaca semakin mudah tentunya untuk kita memahaminya. Dan jangan lupa untuk menulis sendiri descriptive text anda sendiri agar pemahaman yang anda miliki bertahan lama di ingatan.

Social Function of Descriptive Text

Dari pengertian tentang descriptive text di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa tujuan dari teks deskriptive ini adalah untuk mengambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu.

Generic Structure of Descriptive Text

Ketika menulis descriptive text, ada beberapa susunan umum / generic structure yang lazim dan sering dipakai dalam descriptive text  agar tulisan kita dianggap benar meski sebenarnya tidak wajib. Susunan umum / generic structure dari teks tersebut adalah :


  1. Identification : berisi tentang identifikasi sesuatu, pengenalan awal tentang objek yang akan dideskripsikan.
  2. Description : berisi tentang penjelasan / penggambaran objek, dengan menyebutkan beberapa gambaran fisik, sifat, karakter, atau apapun yang berhubungan dengan objek tersebut.

Languange Feature of Descriptive Text

Ketika kita menulis descriptive text, hal yang wajib kita ketahui adalah cara kita menyampaikan deskripsi tulisan kita tersebut secara baik dan benar dalam bahasa Inggris. Komponen wajib yang harus kita ketahui dan kuasai dengan baik sebelum membuat sebuah descriptive text adalah Vocabulary khususnya kata sifat (Adjective). Sementara jika ditinjau dari tenses yang dipakai, maka SimplePresent Tense lah yang paling sering dipakai pada teks ini.

Contoh Paragraf Deskriptif Dalam Bahasa Inggris

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang apa – apa saja yang berkaitan dengan descriptive text. Selanjutnya, agar sobat Englishiana semua dapat dengan mudah memahami apa yang telah di tuliskan di atas, berikut ini Englishiana sajikan tentang contoh descriptivetext about animal dan descriptive text about place pada halaman selanjutnya. Terimakasih atas perhatian sobat Englishiana semua.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top