Kata Benda (Nouns) Bahasa Inggris dan Contohnya - Countable dan Uncountable

Kata Benda (Nouns) Bahasa Inggris dan Contohnya - Countable dan Uncountable

kata benda dalam bahasa inggris – Salam semangat para penggali ilmu. Apa kabarnya hari ini? Semoga kesehatan dan semangat untuk melakukan kebaikan selalu ada dalam jiwa kita hari ini. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tentang apa yang dimaksud dengan kata benda dan apa sajakah jenis-jenis kata benda (Noun) dalam bahasa inggris itu. Semoga apa yang akan kita bahas kali ini bermanfaat dan bisa menambah pengertian kita tentang kata benda dalam bahasa inggris.

Kata Benda Bahasa Inggris dan Contohnya - Countable dan Uncountable
Kata Benda (Nouns) Bahasa Inggris dan Contohnya - Countable dan Uncountable

Kata Benda Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, Kata Benda disebut sebagai “NOUN”. Jika merujuk pada Oxford Dictionary, kata benda / noun adalah “A word (other than a pronoun) used to identify any of a class of people, places, or things or to name a particular one of theseSebuah kata (selain kata ganti) yang digunakan untuk menjelaskan orang, tempat, atau hal-hal tertentu, atau untuk menamai salah satu dari hal – hal tersebut (Kata benda). Dengan bahasa yang lebih ringan, kita dapat katakan bahwa kata benda adalah kata yang diberikan untuk sebuah benda dan penamaan itu telah disepakati bersama penggunaannya.

Lebih jauh lagi, dalam bahasa inggris kita mengenal ada dua jenis kata benda sesuai dengan jumlahnya yaitu kata benda yang bisa dihitung / Countable noun dan kata benda yang tak terhitung / Uncountable noun. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Countable vs. Uncountable Nouns

Tahukah anda bahwa tidak semua kata benda dalam bahasa Inggris itu dapat dihitung? Mengetahui perbedaan antara countable and uncountable nouns dapat membantu kita agar dapat menentukan kata yang tepat untuk digunakan dalam bahasa Inggris dengan benar secara yang gramatikal.

Countable Nouns

Countable nouns adalah kelompok kata benda yang dapat dihitung dalam bahasa Inggris. Kebanyakan kata benda dalam bahasa Inggris terdapat pada golongan ini.
Contoh:

  1. I have two cats.
  2. Samudra has three cars.
  3. Jessica has five dollars.

Uncountable Nouns

Uncountable nouns adalah kata benda yang tidak dapat dihitung dalam bahasa Inggris. Tidak dapat dihitung pada konsep ini sebenarnya, pada kata benda – kata benda tertentu, bukan berarti benar – benar tidak bisa dihitung namun ini diartikan sebagai sebuah konsep sebuah kumpulan benda yang sulit sekali, karena jumlahnya yang sangat banyak, untuk dapat dihitung satu persatu. Semisal bintang – bintang, rerumputan, rambut, pasir, dll. Namun begitu, konsep tidak dapat dihitung juga berarti kata benda yang benar – benar tidak bisa dihitung karena memang tidak bisa dipisahkan satu persatu. Contohnya seperti air, tanah, awan, dll.

Konsep lain yang perlu dipahami adalah, terkadang kata benda tertentu uncountable dalam bahasa Inggris namun tergolong countable untuk bahasa – bahasa tertentu. Selain itu, secara umum kita tidak bisa menggunakan bentuk Plural / Jamak pada Uncountable nouns, meski pada beberapa countable nouns kita juga menambahkan akhiran “s”. Hal – hal tersebut adalah hal yang wajar saja dan tidak perlu kita pertanyakan, karena ketika kita belajar sebuah bahasa baru seharusnya kita dengan segera menanggalkan logika bahasa ibu kita agar proses pemerolehan bahasa tersebut tidak terganggu.

Contoh:

  1. Mark drinks a lot of water.
  2. My mom gives me great advice.
  3. Paulo likes politics Berakhir dengan "s" namun tetap uncountable

Jenis – Jenis Uncountable Nouns

Liquids and Gases / Cairan dan Gas

  1. water
  2. coffee
  3. milk
  4. air
  5. oxygen

Solid and Granular Substances / Padat dan Bubuk

  1. wood
  2. metal
  3. cheese
  4. sand
  5. rice

Energy Words and Forces / Kata – kata yang berhubungan dengan pembangkit (misal listrik) dan Energi.  

  1. electricity
  2. sunshine
  3. radiation
  4. heat
  5. magnetism

Subjects / Mata Pelajaran / Bidang Ilmu Tertentu

  1. chemistry
  2. English
  3. science
  4. social
  5. math

Grouped Concepts / Consep dari Sebuah Kelompok / Kata Benda Umum

  1. fruit
  2. money
  3. food
  4. fish
  5. news

Abstract Concepts / Kata Benda Abstrak

  1. information
  2. advice
  3. education
  4. democracy
  5. intelligence

Uncountable Plurals
Terkadang kita juga menggunakan uncountable noun dalam bentuk plural. Kata benda jenis ini biasanya berhubungan dengan cairan dan bahan – bahan tertentu. Kata – kata tersebut biasanya berarti "beberapa cangkir ..", " beberapa botol…." atau "beberapa jenis dari…."
Contoh:

  1. We'll have two coffees tonight. Dua cangkir kopi
  2. I bought three waters in the canteen yesterday because the weather was so hot. Tiga botol air
  3. The company produces three leathersTiga jenis bahan kulit

Different Meanings
There are certain words which have multiple meanings. It is possible for one meaning to be countable and the other to be uncountable. Take for example the word "light": Dalam bahasa Inggris ada beberapa kata benda tertentu yang memiliki banyak arti. Mungkin saja dari beberapa arti tersebut salah satunya countable dan yang lainya uncountable. Semisal “light”.
Contoh:

  1. I couldn't see anyone in that cave because there was no lightUncountable noun
  2. The garden was decorated with hundreds of lightsCountable noun
Secara umum aturannya adalah tetap sama. “light” pertama berarti cahaya yang merupakan bagian dari uncountable noun dari kelompok Energi dan “light” kedua berarti lampu yang merupakan bagian dari countable noun.

Demikian sobat Englishiana pembahasan lengkap tentang kata benda dalam bahasa Inggris, khususnya tentang kata benda Countable dan Uncountable. Selanjutnya, kata benda juga dibagi menjadi dua berdasarkan wujudnya. Mereka adalah Abstract dan Concrete noun. Untuk informasi lebih jauh tentang pembagian kata benda ini silahkan sobat pelajari di sini. Salam semangat berbagi manfaat. Englishiana!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top