Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When Dan While

Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When Dan While

Perbedaan Penggunaan When dan While - What have you been sahabat Englishiana di mana pun berada, selamat berjumpa kembali dengan Englishiana yang selalu ingin berbagi ilmu dengan pembaca semua. Di dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa kata yang memiliki makna dan fungsi yang sangat mirip, sehingga tak jarang kita bingung untuk memakainya semisal Seperti perbedaan when dan whileperbedaan advice dan suggestionperbedaan some dan any dan banyak lagi yang lainnya. nah, pada post kali ini Englishiana akan membahas tentang perbedaan penggunaan "When" dan "While" dalam bahasa Inggris. Yups langsung saya ke TKP (hahaha ala – ala acara parodi komedi ya)
Perbedaan Penggunaan When dan While Beserta Contoh dan Artinya
Grammar Bahasa Inggris – Perbedaan When Dan While

Perbedaan Penggunaan When dan While

Sobat Englishiana pada tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dua buah kata yang memiliki arti cukup mirip atau bahkan sama. Yups, benar seperti saya sudah tuliskan pada judul artikel ini, topik kita kali ini adalah tentang perbedaan penggunaan conjunction when dan while yang keduanya biasanya diartikan dengan kata "ketika" dalam bahasa Indonesia, dan menurut pengalaman saya sebagai pengajar hal itu cukup membuat banyak pelajar bahasa Inggris kebingungan memilih kata yang tepat antara when dan while. Nah biar nggak panik memilih antara ke dua kata yang bisa disebut conjunction atau adverb clause of time tersebut, mari coba kaji pembahasan di bawah ini.

While vs. When

Seperti yang saya katakan sebelumnya, While / When ini bisa kita sebut conjunction atau kata penghubung jika kita lihat peranannya dalam menyambungkan klausa. Semisal “I was sleeping when they came yesterday”. Akan tetapi jika kita lihat bersamaan dengan klausa yang disambungkannya maka While / When disebut Adverb Clause of Time (Klausa kata keterangan waktu). Semisal “I was sleeping when they came yesterday.Nah tentang klausa, klausa adalah kumpulan kata yang memiliki Subjek dan Predikat yang juga memiliki arti meski terkadang bukan merupakan kalimat yang lengkap dan bisa berdiri sendiri. Lalu apa perbedaan klausa When dan While dalam Past Continuous Tense? Yup, perbedaan penggunaan ke dua kata tersebut terletak pada klausa yang mengikutinya seperti saya gambarkan di bawah ini:

When +
Simple Past (Verbal)
Subject + V2 + O/C
While +
Past Continuous
Subject + TOBE + Verb ing + O/C

Catatan:
1. TOBE yang dipakai pada Past Continuous Tense adalah Was/Were (sekedar mengingatkan)

2. When / While bisa berada di awal kalimat atau di awal klausa ke dua. Semisal:
~ When you came yesterday i was cooking my supper.
~ While i was cooking my supper, you came yesterday.
~ I was cooking my supper when you came yesterday.
~ You came while i was cooking my supper.

3.While bisa dipakai untuk dua buah kejadian yang sedang terjadi bersamaan di masa lalu. Semisal:
~ While my mother was reading a magazine, my father was writing a report.

4.When biasanya menyatakan sebuah kegiatan yang kemudian terjadi ketika kegiatan lain sudah berlangsung sebelumnya dan masih berlangsung. Semisal:
~ When you told me the news I was reading a novel.
(Ketika kamu memberitahuku tentang berita itu aku sedang membaca novel)
~ I was reading a novel when you told me the news.
(Aku sedang membaca novel ketika kamu memberitahuku tentang berita itu)

*Dimanapun posisi when pada kalimat diatas, kegiatan yang diawali dengan when terjadi selanjutnya ketika kegiatan lain sedang berlangsung dan biasanya when seperti pada kalimat di atas menandai kejadian dengan durasi yang lebih singkat dibandingkan kegiatan yang sedang berlangsung.

5.When + Simple Past juga dipakai pada tenses Past yang lain seperti Past Perfect Continuous dan juga Past Perfect. Semisal:
~ I had been sleeping for two hours when finally the earthquake happened last week.
Untuk contoh lebih banyak dari When / While perhatikan kalimat – kalimat di bawah ini.
~ My sister was watching television while I was studying English.
(saudari saya sedang menonton TV ketika saya sedang belajar bahasa Inggris.)
~ When I came to your home, you were sleeping last night.
(Ketika saya datang ke rumahmu, kamu sedang tidur tadi malam.)
~ I found a bar of pure gold while I was walking to school this morning
(Saya menemukan sebatang emas murni ketika saya sedang berjalan ke sekolah pagi ini.)

Wuuiiiits, beruntung banget orang yang ada di contoh terakhir itu ya, hahahaha. Yah namanya juga Cuma ilustrasi, jika ada kesamaan tokoh, latar, dan cerita itu hanyalah fiktif belaka. Ok, secara garis besar begitulah perbedaan When / While khususnya dalam Past Continuous Tense. 

Pengunjung juga membaca:
Perbedaan Advice dan Suggestion
Perbedaan Some dan Any

Sedikit menyimpulkan apa yang kita bahas pada kesempatan ini dan agar lebih mudah mengingatnya, anda cukup perhatikan kata kerja yang mengikutinya saja, jika kata kerjanya continuous maka gunkanlah while, dan jika tidak, maka gunakanlah when, ya, cukup mengingat hal itu saja. Jika dilihat dari fungsinya, While biasanya menemani kegiatan yang sedang berlangsung sementara When biasanya menemani kegiatan yang berdurasi lebih singkat yang terjadi kemudian ketika suatu kegiatan sedang berlangsung. Untuk melihat pembahasan grammar selanjutnya, silahkan klik di sini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top