Fungsi atau Kegunaan Present Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Fungsi atau Kegunaan Present Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Sebelumnya telah dibahas secara singkat pada Pengertian, Fungsi Lengkap,Rumus, dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense bahwa ada dua fungsi dari Present Perfect Continuous sbb:
1.    Menyatakan durasi waktu dari suatu kegiatan yang sedang kita lakukan mulai dari masa lampau sampai dengan sekarang.
2.    Menyatakan kegiatan yang sedang kita lakukan ahir – ahir ini (recently / lately).

Kegunaan Present Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya
Fungsi atau Kegunaan Present Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya
Sebagai catatan pengingat, sebenarnya Present Perfect Continuous Tense sama fungsinya dengan Present Contiuous Tense, namun dalam pada Present Perfect Continuous ada penekanan khusus tentang sudah berapa lama suatu kegiatan sedang dilakukan sampai sekarang sedangkan dalam Present Continuous hanya menekankan tentang apa yang sedang kita lakukan sekarang. Secara mendalam ke dua fungsi tersebut akan kita bedah pada pembahasan di bawah ini.
FUNGSI 1 MENYATAKAN DURASI WAKTU DARI SUATU KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN MULAI DARI MASA LAMPAU SAMPAI DENGAN SEKARANG
Kita menggunakan Present Perfect Continuous untuk menunjukkan bahwa suatu kegiatan sudah dimulai sejak satu waktu di masa lalu dan masih terus berlangsung hingga sekarang. “For two hours”, “for two months”, dan “since last Tuesday” adalah beberapa contoh durasi waktu dilakukannya suatu kegiatan pada tenses ini.
Contoh:
  1. They have been playing Playstation for almost five hours.
  2. Shereen has been working as a secretary at that company for three years.
  3. What has Ani been doing for the last 2 hours?
  4. Jandia has been driving a car since 3 hours ago.
  5. have been waiting for the bus for more than two hours!
  6. Why has Nana not been working for the last three days?
FUNGSI 2 MENYATAKAN KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN AHIR – AHIR INI (RECENTLY / LATELY)
Kita juga bisa menggunakan Present Continuous Tense tanpa keterangan durasi wakti semisal “For two hours”, “for two months”, dll. Dengan tidak menggunakan keterangan durasi waktu, Present Continuous Tense memiliki arti “akhir – akhir ini” / “belakangan ini”. Kita sering memakai keterangan waktu “lately” atau “recently” pada fungsi Present Continuous Tense yang satu ini.

Contoh:
  1. Recently, I have been feeling really sad because of my score.
  2. She has been eating too much carbohydrate lately.
  3. Have you been doing the project lately?
  4. Marsia has been feeling well.
  5. Lisa has not been preparing for her exam.
  6. What has Ratna been doing?
Catatan:
Perlu diingat bahwa Present Continuous Tense memiliki arti “akhir – akhir ini” / “belakangan ini” meski tanpa kata keterangan “lately / recently”. Jika kita memakai Present Continuous Tense dalam sebuah pertanyaan semisal “Have you been feeling better?" / “Apakah kamu sudah merasakan lebih baik sekarang ini?” dapat dimaknai bahwa mungkin kamu masih terlihat sakit / masih terlihat sakit. Begitu juga bila kita bertanya semisal "Have you been smoking?" maka kalimat tanya ini menyimpan pesan bahwa mungkin baju kamu mengeluarkan bau asap rokok. Menggunakan Present Perfect Continuous dalam sebuah pertanyaan menunjukkan pesan bahwa kita bertanya karena kita melihat, mencium, mendengar, atau merasa sebuah hasil dari perbuatan tertentu. Adalah mungkin kita bisa menyinggung perasaan orang lain jika kita menggunakan Present Perfect Continuous dengan tanpa alasan dan konteks yang tepat.
NON-CONTINUOUS VERBS/ MIXED VERBS DALAM PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Sangat penting untuk diingat bahwa Non-Continuous Verbs tidak akan pernah bisa dipakai pada tenses Continuous manapun termasuk Present Perfect Continuous. Begitu pula Mixed Verbs yang sedang berperan sebagai Non-Continuous Verbs. Oleh karenanya jika kita ingin menggunakan kata kerja – kata kerja tersebut dengan maksud menyatakan sudah berapa lama kita sedang melakukan sesuatu atau apa yang sedang kita lakukan belakangan ini kita harus menggunakan Present Perfect Tense.
Contoh:
  • Dodi has been owning this futuristic motorcycle for two months. Salah
  • Sam has owned this futuristic motorcycle for two months. Benar
Sobat Englishiana, akhirnya sampai juga di ujung blog ini. Bagaimana mudah kan memahami Present Continuous Tense jika langsung melihat kegunaannya? Nah sobat Englishiana, apabila anda semua masih ingin membaca lebih banyak artikel kami lagi silahkan ingat nama blog ini ya “Englishiana”. Finally, Salam Englishiana, English Yourself!





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top