Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya - Sebelumnya telah dibahas secara singkat pada Pengertian, Fungsi Lengkap, Rumus, dan ContohKalimat Past Perfect Continuous Tense bahwa ada dua fungsi dari Past Perfect Continuous sbb:

a.  menyatakan durasi waktu dari suatu kegiatan yang sedang kita lakukan di masa lalu sebelum kejadian lain terjadi.
b.   menyatakan sebab dari suatu hal yang terjadi di masa lampau.
Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya
Fungsi atau Kegunaan Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya
Lagi – lagi penulis mengingtakan bahwa pada prinsipnya Past Perfect Continuous Tense sama fungsinya dengan Past Contiuous Tense, namun pada Past Perfect Continuous kita memberi penekanan - penekanan khusus pada durasi waktu atau sudah berapa lamanya suatu kegiatan sedang dilakukan pada masa lalu sebelum kejadian lain terjadi sedangkan Past Continuous hanya menekankan tentang apa yang sedang kita lakukan pada masa lalu ketika kegiatan lain terjadi. Detail pembahasa beserta contohnya silahkan sobat Englishiana lihat pada pembahasan di bawah ini.

Past Perfect Continuous Tense

FUNGSI 1 MENYATAKAN DURASI WAKTU DARI SUATU KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN DI MASA LALU SEBELUM KEJADIAN LAIN TERJADI
Kita menggunakan Past Perfect Continuous untuk menunjukkan bahwa suatu kegiatan telah sedang berlangsung selama durasi waktu tertentu sebelum akhirnya kegiatan lain terjadi dan kegiatan tersebut terhenti. “For two weeks”, “for two years”, dan “since last Tuesday” adalah beberapa contoh durasi waktu yang menyatakan sudah berapa lama atau sejak kapan dilakukannya suatu kegiatan sebelum kejadian lain terjadi pada masa lalu.
Contoh:

  1. They had been playing this war game for almost five hours before his father came and asked him to go home.
  2. Shereen had been working as a secretary at that company for three years before      she moved to this city.
  3. What had Ani been doing for the last 2 hours before we visited to investigate her?
  4. Jandia had been driving a car for two when finally we realized that it was wrong way.
  5. had been waiting for the bus for more than two hours before finally i caugt it!

FUNGSI 2 MENYATAKAN SEBAB DARI SUATU HAL YANG TERJADI DI MASA LAMPAU

Kita juga bisa menggunakan Past Continuous Tense tanpa keterangan durasi wakti semisal “For two hours”, “for two months”, dll. Dengan tidak menggunakan keterangan durasi waktu, kita menggunakan Past Continuous Tense untuk menyatakan sebab terjadinya suatu hal di masa lalu. Biasanya dengan menggunakan tenses ini kita ingin menyatakan bahwa penyebab terjadinya suatu hal di masa lalu adalah suatu kegiatan yang kita lakukan berulang – ulang.


Contoh:
  1. Janne was tired because he had been exercising a lot.
  2. Samuel grew fat because he had been overeating.
  3. Bella failed the final test because she had not been attending some classes.
Catatan:
Jika kita tidak menyata durasi waktu semisal "for five minutes," "for two weeks" or "since Friday," maka akan ada kebingungan di benak kita tentang tenses mana yang sebaiknya kita pakai, Past Continuous / Past Continuous? Jawabannya adalah ke dua – duanya sama – sama benar secara gramatikal namun memiliki arti yang berbeda dimana Past Continuous menekankan pada sbuah kegiatan yang sedang terjadi yang kemudian terganggu oleh kegiatan lain yang terjadi pada waktu tertentu di masa lalu sedangkan Past Continuous Tense lebih memberi kesan apa sedang kita lakukan di masa lalu itu berlebihan / dalam waktu dan intensitas yang sangat banyak sehingga menyebabkan hal lain terjadi di masa lalu. Perhatikan contoh berikut ini:  
Contoh:
  1. Heri was tired because he was exercising so hard.
    Kalimat ini menekankan bahwa Heri lelah karena ia sedang berlatih dengan keras pada saat itu. Atau dengan kata lain, Heri kelelahan pada suatu titik waktu ketika ia sedang berlatih dengan keras.
  2. Heri was tired because he had been exercising so hard.
    Kalimat ini menekankan bahwa Heri lelah setelah ia sedang berlatih berulang – ulang dan cenderung berlebihan di masa lalu. 
NON-CONTINUOUS VERBS/ MIXED VERBS DALAM PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Sangat penting untuk diingat bahwa Non-Continuous Verbs tidak akan pernah bisa dipakai pada tenses Continuous manapun termasuk Past Perfect Continuous. Begitu pula Mixed Verbs yang sedang berperan sebagai Non-Continuous Verbs. Oleh karenanya jika kita ingin menggunakan kata kerja – kata kerja tersebut dengan maksud menyatakan sudah berapa lama kita sedang melakukan sesuatu pada masa lalu sebelum kejadian lain terjadi maka kita menggunakan Past Perfect Tense.

Contoh:
  1. Dodi had been owning this futuristic motorcycle for two months before he sold it. Salah
  2. Sam had owned this futuristic motorcycle for two months before he sold it. Benar
Sobat Englishiana, akhirnya sampai juga di ahir diskusi di blog ini. Bagaimana mudah kan memahami Past Continuous Tense jika langsung melihat Fungsi / Kegunannya? Nah sobat Englishiana, apabila anda masih ingin membaca lebih banyak artikel kami lagi anda cukup ingat nama blog ini ya “Englishiana”. Akhirnya izinkan saya menutup dengan sebuah slogan, “Salam Englishiana, English Yourself!”



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top