Contoh Kalimat Present Perfect Tense Berdasarkan Fungsi atau Kegunaannya

Contoh Kalimat Present Perfect Tense Berdasarkan Fungsi atau Kegunaannya

Seperti apa yang sudah dibahas pada lapak sebelumnya yang berjudul Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Terlengkap kita dapat ketahui bahwa Present Perfect memiliki dua fungsi sebagai berikut:

a.    Untuk menyatakan kegiatan yang sudah selesai kita lakukan sebelum sekarang.
b.    Untuk menyatakan durasi waktu dari kegiatan yang sedang kita lakukan mulai dari masa lampau sampai dengan sekarang. (Non-Continuous Verbs)

Jika kita telaah secara mendalam fungsi pertama dari tenses ini nampaknya ada kesamaan antara Present Perfect dan Simple Past Tense karena sama – sama menyatakan suatu kegiatan yang sudah selesai kita lakukan sekarang. Namun demikian tentu ada perbedaan yang mencolok antara kedua tenses ini. Agar kita bisa coba memahaminya dengan baik yuk kita cekidot.
Contoh Kalimat Present Perfect Tense  Berdasarkan Fungsi atau Kegunaannya

FUNGSI 1 UNTUK MENYATAKAN KEGIATAN YANG SUDAH SELESAI KITA LAKUKAN SEBELUM SEKARANG

Kita menggunakan Present Perfect untuk menyatakan bahwa sebuah kegiatan sudah terjadi pada satu titik waktu yang tidak terdefinisikan di masa lampau. Kita tidak bisa menggunakan kata keterangan waktu lampau seperti: yesterday, one year ago, last week, when I was a child, when I lived in Papua New Guinea, at that moment, that day, one day, dll pada Present Perfect Tense karena Present Perfect Tense tidak mencoba mengungkapkan tentang “kapan suatu kegiatan dilakukan di masa lalu” namun lebih kepada “sudah atau belum” suatu kegiatan dilakukan. Oleh karenanya dalam Present Perfect kita menggunakan beberapa kata keterangan seperti: ever, never, once, many times, several times, before, so far, already, yet, dll. Nah secara singkat itulah yang membedakan antara Simple Past dan Present Perfect. Mari kita lihat dan pelajari contoh berikut agar lebih paham lagi.
Contoh:
  • Many people have traveled to Maitam Beach in Lampung.
  • Many people have not traveled to Lembah Pelangi waterfall in Lampung.
  • Have you read this best seller book?
  • Nobody has ever read this best seller book.
  • A: how long have you ever been in Tiongkok?
    B: I have been in Tiongkok for five years.
Catatan:
Ketika pertama kali belajar tenses ini mungkin akan terasa sangat sulit memahami fungsi dan memahami makna dari “waktu yang tak terdefinisikan di masa lalu.” Nah oleh karenanya penulis berikan penjelasan tentang topic – topic yang akan membuat kita memahami Present Perfect lebih jauh lagi di sini: Cara Termudah Memahami Present PerfectTense Menggunakan Topik – Topik

FUNGSI 2 UNTUK MENYATAKAN DURASI WAKTU DARI KEGIATAN YANG SEDANG KITA LAKUKAN MULAI DARI MASA LAMPAU SAMPAI DENGAN SEKARANG. (NON-CONTINUOUS VERBS)

Dengan menggunakan kata kerja non continuous Non-Continuous Verbs dan fungsi non continuous dari Mixed Verbs, Present Perfect menunjukkan bahwa suatu kegiatan sudah dimulai pada masa lalu dan masih berlangsung sampai sekarang. Sebenarnya dalam fungsi ini Present Perfect berfungsi sama dengan Present Perfect Continuous namun karena kata kerjanya tidak bisa dirubah menjadi “Verb Ing” maka Present Perfect dipakai meski maknyanya Present Perfect Continuous.
Contoh:
  • I have owned this old car for more than ten years.
  • She has been in my mind since I met her for the first time.
  • Mary Jane has loved rose since she was a little girl.
Catatan:
*Walaupun kebanyakan kata kerja yang dipakai pada fungsi ini adalah kata kerja Non-Continuous, beberapa kata kerja seperti “Live”, “Work”, “Teach” dan “Study” terkadang juga dipakai pada fungsi ini meski mereka bukan Non-Continuous Verb.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar anda di sini...

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top